Pekanbaru (ANTARA News) - Hujan yang turun selama kurang lebih dua jam menyebabkan sebagian besar wilayah Kota Pekanbaru, Riau, tergenang banjir, Jumat malam.

Beberapa ruas jalan seperti Jalan HR Soebrantas, Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Sudirman tergenang oleh air hujan. Hal ini mengakibat sebagian kendaraan harus mengurangi laju kendaraannya, dan berhati-hati melewati banjir.

Bahkan beberapa kendaraan yang nekat melalui jalan tersebut, terpaksa harus mendorong kendaraannya yang mogok akibat banjir.

"Di sini memang langganannya banjir. Setiap hujan sebentar, langsung banjir," kata seorang warga Dina, yang melewati Jalan HR Soebrantas.

Apalagi, kata dia, saat masuk musim pancaroba, di mana hujan turun tidak tentu. Dalam satu hari ini saja, lanjutnya, setidaknya sudah terdapat tiga kali hujan yang mengguyur Pekanbaru.

"Dan hampir di semua jalan yang terdapat di Pekanbaru tergenang oleh hujan," katanya.

Ketua DPRD Pekanbaru Desmianto mengatakan, hal ini terjadi akibat buruknya drainase yang terdapat di Pekanbaru sehingga jika hujan mengguyur, maka dipastikan akan terjadi banjir.

"Itu baru di daerah yang tampak. Belum lagi di daerah yang padat seperti Sukajadi. Di daerah tersebut selalu tergenang kalau hujan," jelasnya.

Ia mengharapkan pihak Dinas Pekerjaan Umum cepat tanggap dalam menyelesaikan persoalan banjir di Pekanbaru ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pekanbaru Dedi Gusriadi mengatakan pihaknya akan segera menyelesaikan persoalan ini.

"Contohnya saja di Cipta Karya akan dibangun waduk. Ini semua salah satu cara untuk mengatasi banjir yang terjadi di Pekanbaru," ujarnya.

(KR-IND/A035/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010