Medan (ANTARA News) - Pengamat pendidikan dan ekomoni Universitas Sumatera Utara, Jhon Tafbu Ritonga, mengatakan, daya tampung Perguruan Tinggi Negeri tidak mempengaruhi daya tampung Perguruan Tinggi Swasta.

Lebih lanjut Dekan Fakultas Ekonomi USU ini mengatakan, jika melihat dari pengalaman, daya tampung PTN tidak mengakibatkan mahasiswa PTS makin sedikit.

Sebagai salah satu bukti, minat masyarakat masuk Fakultas Ekonomi USU yang makin meningkat justru makin tidak bisa terpenuhi karena kuota sudah penuh.

Ini ditandai oleh ketatnya pesaingan masuk FE USU yang pada 2006 rata-rata masih 10,8 dan tahun 2009 menjadi 27,0. Artinya tahun 2006 tiap satu kursi di FE USU diperebutkan sebelas orang dan tahun 2009 menjadi 27 orang.

Tahun 2006 yangg dapat diterima hanya sembilan persen dari keseluruhan pendaftar dan tahun 2009 turun menjadi empat 4 persen.

"Dengan kondisi daya tampung USU seperti itu, seyogyanya jumlah mahasiswa PTS terus meningkat karena yang tidak tertampung di FE USU saja saja bertambah dari 10 orang menjadi 26 orang," katanya.

Ia mengatakan, peningkatan minat masyarakat masuk PTN tidak terlepas dari upaya PTN yang terus memperbaiki diri, baik sarana dan prasarana maupun kualitas pengajarnya sendiri.(*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010