Jakut mulai terapkan aksi komunitas pada proyek jalan dan saluran air

Jakut mulai terapkan aksi komunitas pada proyek jalan dan saluran air

Lurah Tugu Selatan Sukarmin meninjau pengerjaan jalan dan saluran air melalui program rencana aksi komunitas (Community Action Plan) Suku Dinas Pembangunan Rumah dan Kawasan Permukiman (Sudin PRKP) Pemerintah Kota Jakarta Utara di Kelurahan Tugu Selatan pada Kamis (16/4/2021). ANTARA/ HO-Kominfotik Jakarta Utara.

warga setempat mendukung program tersebut karena sudah dinanti-nantikan sejak 2019.
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Jakarta Utara mulai menerapkan Rencana Aksi Komunitas (Community Action Plan/CAP) pada proyek pengerjaan jalan dan saluran air di dua wilayah rukun warga Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Kamis.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan warga setempat mendukung program tersebut karena sudah dinanti-nantikan sejak 2019.

Baca juga: Pemkot Jaksel usulkan anggaran Rp746,2 miliar dalam Musrenbang 2021

"Alhamdulillah, program itu bisa terealisasi pada tahun ini karena warga setempat sudah menantikannya sejak tahun 2019," ujar Lurah Tugu Selatan Sukarmin di Jakarta, Jumat (16/4).

Fokus kegiatan tersebut pada pengerjaan jalan sepanjang 720 meter di Kali Cakung Lama RW 04. Kemudian penataan jalan dan saluran air di lingkungan RW 03 yaitu di Jalan Kerbau dan Jalan Balai Rakyat 2 sepanjang 350 meter.

Dua titik pengerjaan jalan dan saluran air itu sebelumnya menjadi sasaran program CAP Sudin PRKP pada 2019 namun tertunda karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Riset: Teknologi digital tingkatkan infrastruktur transportasi Jakarta

Program Rencana Aksi Komunitas (Community Action Plan/ CAP) merupakan pendekatan efektif kepada masyarakat dalam proses perencanaan dan pembangunan di suatu wilayah.

Menurut Sukarmin, dengan dimulainya penataan pada April, maka jalan dan saluran air itu diperkirakan rampung dalam jangka waktu dua bulan.

Baca juga: Kejati DKI bekuk koruptor Rp8,8 miliar kasus infrastruktur fiktif

"Secara paralel, pengerjaannya sudah mulai di bulan ini dan diperkirakan akan rampung dalam waktu dua bulan," kata Sukarmin.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar