ini langkah tepat oleh Waskita dalam konteks perbaikan kinerja di 2021 dan ke depannya
Jakarta (ANTARA) - Pengamat BUMN Toto Pranoto menilai langkah PT Waskita Karya (Persero) untuk melakukan transformasi bisnis merupakan langkah tepat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Ya, ini langkah tepat oleh Waskita dalam konteks perbaikan kinerja di 2021 dan ke depannya," ujar Toto saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Menurut Toto, langkah utama dalam melakukan transformasi bisnis ini adalah membuat portofolio bisnis yang lebih sehat dimana tidak semua produk bersifat proyek jangka panjang misalnya jalan tol. Tapi masuk sebagian ke proyek yang return-nya bersifat jangka pendek dan jangka menengah.

"Dengan demikian apabila ada shock ekonomi yang bersifat jangka panjang , maka portfolio jangka pendek dan jangka menengah bisa menolong cashflow perusahaan," katanya.

Sebelumnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk optimistis kinerja operasional dan keuangan mengalami perbaikan signifikan pada 2021 seiring transformasi yang dijalankan perusahaan.

Untuk menghadapi 2021, Waskita menyiapkan beberapa strategi utama antara lain transformasi bisnis, restrukturisasi keuangan, serta divestasi saham jalan tol.

Transformasi bisnis dilakukan secara komprehensif pada berbagai aspek termasuk pemasaran, operasional, investasi, dan keuangan.

Waskita berkomitmen menyeimbangkan portofolio kontrak baru yang selama lima tahun terakhir sangat bergantung pada proyek pengembangan bisnis atau investasi, yang pendanaannya diperoleh melalui utang dengan beban bunga komersial.

Ke depan, Waskita berupaya mendapatkan lebih banyak proyek yang berasal dari pasar eksternal seperti BUMN, pemerintah, dan swasta termasuk luar negeri.

Baca juga: RUPS Waskita setujui pendanaan proyek dengan jaminan Rp15,3 triliun
Baca juga: Waskita akan ekspansi ke tiga pasar luar negeri dalam 5 tahun ke depan
Baca juga: Waskita optimistis bisnis konstruksi 2021 profitable

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021