MotoGP

'Saya akan menderita,' kata Marquez soal balapan pertama pascacedera

'Saya akan menderita,' kata Marquez soal balapan pertama pascacedera

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani sesi kualifikasi Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao. (17/4/2021). ANTARA/AFP/Patricia De Melo Moreira.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez mengakui balapan pertamanya, setelah sembilan bulan absen karena cedera, di Portugal tidak akan mudah meski mengamankan posisi start keenam kualifikasi, Sabtu.

Setelah sempat dihadang masalah mekanis, pebalap Spanyol itu harus menyintas Q1 karena terlempar dari peringkat sepuluh besar sesi latihan bebas.

Marquez telah menjalani tiga kali operasi terhadap tulang humerus kanan yang patah ketika balapan pembuka musim 2020 di Jerez.

Namun, Marquez menunjukkan kualitasnya sebagai juara dunia delapan kali dan tak butuh waktu lama beradaptasi dengan motor Honda RC213V dan menunjukkan masih cepat ketika mengklaim P6 dengan margin hanya 0,259 detik dari pole sitter Fabio Quartararo.

"Saya tidak merasa baik seperti yang saya rasakan kemarin (di latihan pertama dan kedua), tapi itu normal," kata Marquez seperti dikutip AFP.

"Para dokter dan fisio saya menunggu saya. Hal terpenting adalah tulang ini tidak membuat saya kesakitan. Ototnya lah yang kewalahan.

Baca juga: Pole position bukan jaminan, kata Quartararo semua pebalap berbahaya

"Tapi yang menjadi pertanyaan terbesar adalah balapan itu sendiri, 25 putaran, itu sangat panjang."

"Saya tahu itu tidak akan semudah berjalan di taman, saya akan menderita."

Sementara itu, Quartararo mengamankan pole position ke-11 dalam kariernya dengan membuat rekor lap baru 1:38,862 di Portimao, mengalahkan Alex Rins (Suzuki) dan pemuncak klasemen sementara Johann Zarco (Pramac Racing).

Marquez mengisi baris kedua bersama pebalap Ducati Jack Miller dan Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha.

Francesco Bagnaia mendapati catatan waktu terbaiknya dihapus karena peringatan bendera kuning menyusul kecelakaan Miguel Oliveira, sehingga menyerahkan pole position ke Quartararo.

Sedangkan Zarco memasang target lebih tinggi setelah dua kali finis runner-up di Qatar.

Baca juga: Duet Pertamina Mandalika jeblok di kualifikasi, Lowes raih pole ketiga

"Ini tidak cukup tapi start dari baris terdepan itu bagus," kata Zarco.

Sementara juara dunia bertahan Joan Mir akan melancarkan serangan dari P9.

Valentino Rossi, yang bertukar bangku dengan Quartararo di tim satelit Yamaha, hanya mampu finis P17 dalam kualifikasi.

Pebalap Jepang Takaaki Nakagami (LCR Honda) melewatkan sesi kualifikasi setelah kecelakaan pada latihan Jumat dan menunggu kepastian apakah dia dinyatakan fit untuk membalap pada Minggu.

Sesi latihan Sabtu juga menyaksikan kecelakaan hebat yang dialami rookie tim Pramac Racing Jorge Martin, yang harus dilarikan ke rumah sakit untuk cek medis.

Sang pebalap Spanyol sadarkan diri, tapi mengalami benturan di kepala, memar di tangan dan pergelangannya kaki kanannya hingga harus melewatkan sisa akhir pekan ini.

Baca juga: Quartararo klaim pole position MotoGP Portugal

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BBPOM Mataram bantu UKM naik kelas jelang gelaran MotoGP Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar