Pangkalpinang (ANTARA News) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Hasanuddin menyatakan tabung gas elpiji isi 12 kilo gram (Kg) sudah memenuhi standar dan aman dipakai masyarakat.

"Tabung gas elpiji kapasitas 12 kg sudah memenuhi standar dan aman untuk dipakai masyarakat, kendati belum ada label SNI," katanya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan gas elpiji isian 12 kg karena gas tiga kilo gram belum dikonversi di provinsi itu sehingga belum dapat dipastikan apakah sudah standar atau belum.

"Namun demikian, kami meminta masyarakat dapat memperhatikan selang dan regulator tabung gas untuk menghindari terjadinya ledakan," ujarnya.

Pihaknya melakukan pengawasan ke sejumlah depot gas elpiji, menyusul terjadinya kasus gas yang bocor dan terjadinya ledakan untuk menghindari agar tidak terjadi di provinsi itu.

"Kami mengawasi pendistribusian gas untuk rumah tangga dan industri setiap kabupaten dan kota, ini langkah antisipasi beredarnya tabung gas yang tidak layak pakai," ujarnya.

Ia mengaku belum mendapat informasi adanya tabung gas SNI beredar di Babel namun dia yakin tabung gas yang beredar sekarang ini sudah memenuhi standar dan layak pakai.

"Maka kami mengimbau konsumen memakai tabung gas 12 kg saja karena itu lebih aman dan layak untuk dipakai," ujarnya. (HDI/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010