Ambon (ANTARA News) - Vokalis grup band TRIAD dan The Rock Indonesia, Ahmad Dani mengakui pembangunan Kota Ambon ibu kota provinsi Maluku cukup berkembang pesat.

"Kota Ambon sekarang berbeda dengan Ambon 16 tahun lalu ketika saya datang menggelar konser Dewa 19," kata Ahmad Dhani saat konfrensi pers konser final Sprite D`Plong 2010 di Swiss Bellhotel, di Ambon, Kamis.

Menurutnya, banyak perkembangan yang terjadi di Ibukota Provinsi Maluku ini seperti pembangunan hotel berbintang, bandara udara internasional yang bisa disinggahi pesawat berbadan lebar serta infrastruktur jalan yang semakin baik.

"Ambon juga sudah aman dan layak untuk dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara, karena potensi wisata alam dan bahari yang mengaggumkan untuk dikunjungi" katanya.

Ahmad Dhani mengakui, kekagumannya pada wisata bahari di Ambon karena air laut, pantai serta pasirnya masih alami dan bersih.

"Gugusan pulau yang terlihat dari pesawat sebelum mendarat di Bandara Pattimura sangat indah. Pandangan mata juga tidak lepas dengan pemandangan pantai sepanjang perjalanan menuju hotel," paparnya.

Di bidang musik menurut Ahmad Dhani, Ambon sudah berkembang dengan baik di mana anak muda sangat kreatif dan mengikuti perkembangan musik tanah air maupun mancanegara.

"Ambon tidak boleh kalah dari daerah lain di Indonesia, karena sejak lama sudah dikenal sebagai ladang penyanyi dan musisi berbakat dan berkualitas," katanya.

Ia menambahkan, peranan media lokal sangat diperlukan untuk membantu mempromosikan perkembangan potensi musik di Maluku dan Ambon, di samping dukungan pemerintah daerah.

"Pemda harus menyisihkan dana khusus untuk pengembangan seni budaya terutama seni musik, karena potensi kawula muda Ambon sangat besar. Setiap tahun pasti ada bakat-bakat baru yang muncul," tambahnya.

Disinggung mengenai even Internasional Sail Banda, Ahmad Dhani menegaskan, kegiatan pelayaran yang diikuti pelayar dari berbagai negara itu harus dimanfaatkan sebagai wahana untuk mempromosikan potensi Maluku ke pentas dunia.

"Maluku tidak kalah menarik dengan Bali. Potensi wisata alam dan bahari sangat eksotik. Sekatang tinggal perbaikan dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya," tandasnya.

Dia bderharap event Sail Banda ini perlu diisi pagelaran musik untuk menunjang dan mendongkrak kreatifikas musik daerah Maluku di masa mendatang.

"Bila diundang untuk tampil, kami ingin kembali ke provinsi seribu pulau ini," tandas Ahmad Dhani. (*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010