Bandarlampung (ANTARA News) - Dua dari tiga anak pejabat menang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di tiga kabupaten berbeda di Lampung.

Dari hasil rekapitulasi dan penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis, putra Bupati Tulangbawang, Abdurrahman Sarbini, yakni Aris Sandi DP-berpasangan dengan Musiran (Arisan) unggul dari saingannya.

Aris Sandi DP-Musiran, yang bersaing dengan enam pasang lainnya di kabupaten pecahan Kabupaten Lampung Selatan itu, mendapatkan dukungan 62.525 suara (30,50 persen).

Di Kabupaten Selatan, putra Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, yaitu Rycko Menoza SZP berpasangan dengan Eki Setianto, pun memenangi pilkada yang diselenggarakan tanggal 30 Juni 2010.

Rycko mengungguli pejabat kini (incumbent) yakni Wendi Melfa-Antoni Imam, dan juga pasangan Zainuddin Hasan (adik Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan) yang berpasangan dengan Ikang Fawzi (artis).

Sementara yang kalah yakni putra Bupati Way Kanan saat ini, Tamanuri yaitu Agung Putra Mangkunegara yang berpasangan dengan Surya Sumantri,diusung PDI-Perjuangan, PBB, PPP, PAN, PBR, PNBK, PNI-Marhaen, serta didukung Partai Golkar dan Partai Republikan, meraih dukungan 62.678 suara (28,58 persen).

Pasangan Agung-Surya Sumantri kalah dari Wakil Bupati Way Kanan saat ini, Bustami Zainuddin yang berpasangan dengan Raden Nasution, mereka diusung partai diusung PKS, PKB, dan PKPI, memperoleh dukungan 80.090 suara atau 36,52 persen.

Selain mereka, ada juga putra mantan Bupati Lampung Tengah Andi Achmad Sampurna Jaya yang mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Pesawaran, namun kalah yakni Andika Wibawa.

Andika yang sempat menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung dari PBR itu, berpasangan dengan Sutrisno Yuwono.

Di Pilkada Kota Bandarlampung, putra Ketua DPD Partai Golkar Lampung M Alzier Dianis Thabranie, yaitu Heru Sambodo mencalonkan diri sebagai wakil wali kota, pun kalah.

Heru yang berpasangan dengan Kherlani (Wakil Wali Kota Bandarlampung saat ini), kalah dari pasangan Herman HN-Tobroni Harun.

Sementara itu, pilkada di empat kabupaten dan dua kota di Lampung telah ditetapkan pemenangnya.

Empat kabupaten tersebut yakni Lampung Selatan dimenangkan Rycko Menoza-Eki Setianto, Kabupaten Lampung Timur oleh Satono-Erwin, Kabupaten Pesawaran Aris Sandi-Musiran, dan Kabupaten Way Kanan dimenangkan Bustami Zainuddin-Raden Nasution.

Kemudian dua kota yakni Bandarlampung dimenangkan pasangan Herman HN-Tobroni Harun dan Kota Metro oleh pasangan Lukman Hakim-Saleh Candra. (T013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010