Jakarta (ANTARA News) - Sutradara Hollywood Ridley Scott dan Kevin Macdonald bekerja sama untuk menyeleksi video dari pengguna YouTube yang membuat sebuah film dokumenter untuk generasi masa depan komunitas global dalam satu hari, kata YouTube pada Rabu.

Perlombaan Film Dokumenter yang disebut "Life in a Day," akan memilih cuplikan dari 20 orang di seluruh dunia yang menangkap momen kehidupan sehari-hari mereka pada 24 Juli. Mereka akan menjadi co-sutradara film dan ditayangkan dalam premier pada Sundance Film Festival yang diselenggarakan pada Januari.

Macdonald, yang mengkritisi film "The Last King of Scotland," akan menyutradarai film dokumenter panjang dan Scott, sebagai pemenang Oscar "Gladiator" dan sejumlah film hits lainnya seperti "Blade Runner," "Alien," dan "Thelma & Louise," sebagai produser.

Film dokumenternya Macdonald, "One Day in September," tentang atlet Israel yang disandera ketika Olimpiade 1972 Munich, yang memenangkan Oscar untuk film dokumenter terbaik pada 2000.

"'Life in a Day' adalah sebuah kapsul waktu yang akan memberitahu generasi mendatang bagaimana rasanya hidup di Jul 24, 2010," kata Macdonald dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

"Ini adalah sebuah eksperimen unik dalam pembuatan film sosial, dan cara yang lebih baik untuk mengumpulkan serangkaian cuplikan terbatas daripada melibatkan masyarakat di dunia online.

Untuk berpartisipasi, pengguna YouTube harus meng-upload rekaman mereka untuk youtube.com / lifeinaday.

Film ini merupakan kegiatan terakhir antara YouTube dan kelompok-kelompok kerja dalam seni dan hiburan. Bulan lalu museum bergengsi Guggenheim meluncurkan kompetisi yang akan memperlihatkan video online paling kreatif yang didedikasikan dari pengguna YouTube.

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010