Jakarta (ANTARA) - Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo mengumumkan lima hidangan khusus yang akan disajikan di kampung atlet selama pertandingan musim panas itu, Kantor Berita Kyodo melaporkan, Senin.

Lima kuliner tersebut merupakan pemenang kontes resep tahun lalu, termasuk di antaranya mie "somen" dingin, hidangan klasik yang biasa dinikmati saat musim panas di Jepang.

Meskipun merendam mie dalam kaldu sup dengan bumbu ringan merupakan hal yang umum, mie tersebut disajikan dengan ayam dan sayuran dalam kaldu tomat untuk membantu para atlet mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

Baca juga: KOI akan gandeng influencer untuk semarakkan Olimpiade Tokyo
Baca juga: Lima ganda campuran calon kuda hitam Olimpiade Tokyo


Selanjutnya, kuliner lain yang akan disajikan adalah "oden," menu standar musim dingin. Namun, hidangan yang biasanya disajikan panas tersebut akan disajikan dalam sup dingin dengan tomat dan sayuran musim panas lainnya, bersama dengan bahan yang lebih khas Jepang, seperti kue ikan atau fish cake.
"Oden" yang disajikan dengan kuah sup dingin, menjadi salah satu kuliner yang akan disajikan untuk para atlet pada Olimpiade Tokyo. (Kyodo/Tokyo2020)


Untuk hidangan penutup, ada "zunda de panna cotta," dengan kacang kedelai hijau tumbuk manis yang biasa ada di timur laut Jepang, yang akan disajikan.

Dua hidangan lainnya adalah salmon goreng "zangi", yang berasal dari pulau utama paling utara Jepang, Hokkaido, dan roti panggang dengan buah persik, ham dan krim keju.

Kontes yang diadakan oleh panitia dan sponsor perusahaan pada Agustus dan September tahun lalu tersebut menerima lebih dari 700 resep.

Baca juga: Biden dukung Olimpiade Tokyo, tapi kehadiran atlet AS belum jelas
Baca juga: Ketua penyelenggara tepis kemungkinan Olimpiade Tokyo batal

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021