Bekasi (ANTARA News) - Konsumen listrik prabayar di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menduduki peringkat tertinggi di Indonesia dengan jumlah 45 ribu pelanggan.

"Bekasi merupakan wilayah dengan jumlah pengguna listrik prabayar terbanyak seindonesia. Hal ini terlihat dari laporan warga yang migrasi dari pascabayar di 10 Unit Pelayanan Jaringan yang kami miliki," ujar Asisten Manajer Distribusi PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Bekasi, Heri Santoso, di Bekasi, Jumat.

Menurutnya, jumlah itu melebihi target 35 ribu pada 2010, dengan penambahan 10 ribu pelanggan hingga Juni 2010. Total pelanggan APJ Bekasi hingga kini 779.548 pelanggan.

"Keuntungan menggunakan listrik prabayar, diantaranya bisa menghemat pasokan listrik nasional, sementara penggunanya mudah memantau biaya listrik, menghemat listrik dan tak ada sanksi pemutusan," ujarnya.

Pihaknya juga meminta pelanggan yang masih menggunakan tarif pascabayar untuk migrasi ke prabayar, cukup dengan mendatangi kantor UPJ terdekat dengan biaya administrasi Rp5 ribu.

"Untuk pembelian isi ulang biaya listrik dapat dilakukan di kantor UPJ terdekat dan beberapa rekanan PLN yang ditunjuk," katanya. (*)

KR-AFR/S006/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010