Sofia (ANTARA News) - Juara dunia yang mengendarai Citroen, Sebastien Loeb, memperkuat posisinya pada hari kedua Reli Bulgaria, Sabtu waktu setempat, sementara penonton yang meluber membuat salah satu lintasan (SS) terpaksa dibatalkan demi keamanan.

Juara dunia enam kali dari Prancis, Loeb, yang memenangi empat SS Jumat, unggul 40,5 detik atas rekan setimnya Dani Sordo, menjelang perlombaan terakhir sepanjang 354 kilometer Minggu yang berlangsung di permukaan jalan beraspal.

Loeb, pemenang 15 perlombaan reli dunia (WRC) di lintasan aspal, melakukan awal yang amat solid dengan memenangi SS kelima pada hari kedua. Namun, ia mulai melakukan pengamanan sehingga Sordo dan pereli urutan ketiga Petter Solberg mampu mendekatinya.

"Ini perlombaan pagi yang bagus," kata Loeb, pimpinan klasemen sementara.

"Saya tidak ada melakukan kesalahan. Tapi pada tahapan kedua saya mulai memikirkan tindakan aman tapi malah saya kehilangan irama saya," katanya.

"Kami menggunakan ban lembut petang harinya dan saya merasakan lebih sulit mengembangkan kecepatan menggunakan ban itu," katanya.

Pereli dari Spanyol, Sordo, mengincar juara dunia pertama, mengakhiri kepiawaian Loebn, di lintasan keenam sepanjang 18 km di Peshtera dengan melejit lebih cepat 3,5 detik dari juara dunia itu.

Lintasan khusus ketujuh (SS7) di negara yang baru pertama menyelenggarakan WRC itu dibatalkan karena penonton luber mendekati are finish.

"Badan olahraga otomotif dunia FIA mengatakan mereka belum pernah menyaksikan manusia begitu banyak menyaksikan perlombaan itu," demikian pernyataan dari panitia setelah FIA mengeluarkan komentarnya setelah menyaksikan perlombaan itu dari udara (menggunakan helikopter).

Solberg, juara dunia 2003, menggunakan kendaraan pribadi Citroen, pada tiga lintasan berikutnya semakin mendekati Sordo, terpaut sekitar lima detik.

"Kami merasakan ada sedikit kesulitan dengan kendaraan kami menjelang lintasan kedelapan," kata pereli Norwegia itu, yang terpaut sedetik di belakang Loeb di Reli Turki.

"Kami berusaha memperbaikinya dan akhirnya lajunya kembali seperti biasa," katanya.

Sebastien Ogier, yang meraih kemenangan pertama pada Reli Portugal Mei lalu, naik ke urutan keempat setelah terjadi masalah dengan pereli Ford Mikko Hirvonen dan Jari-Matti Latvala.

Juara Reli Swedia Hirvonen mengakhiri lomba hari kedua itu di urutan kelima, disusul Latvala. Kedua pereli itu mengalami masalah pada lintasan kelima karena penggunaan ban keras.

Mantan juara Formula Satu (F1) Kimi Raikkonen, di urutan ke-26 setelah mengalami kecelakaan pada hari pertama, naik ke urutan ke-14 tapi hampir 13 menit di belakang pimpinan hari kedua itu.
(Uu.Reuters/A008/A011/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010