Yogyakarta (ANTARA News) - PT Pertamina Pemasaran BBM Retail Region IV Jawa Tengah dan Yogyakarta bersama dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan resosialisasi penggunaan LPG 3 kilogram.

"Resosialiasai penggunaan LPG 3 kilogram (kg) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dilaksanakan Senin (12/7) yang di pusatkan di Gedung Madukismo, Kasihan, Bantul," kata Asisten Manager External Relation Pertamina Pemasaran BBM Retail Region IV Heppy Wulansari, Minggu.

Menurut dia, resosialisasi ini sebagai komitmen terhadap aspek keselamatan penggunaan LPG 3 kg yang aman dan benar.

"Melalui resosialisasi tersebut, masyarakat diharapkan bisa semakin memahami cara-cara penggunaan elpiji 3 kg yang baik dan benar sehingga elpiji semakin aman dan nyaman untuk digunakan," katanya.

Ia mengatakan, cara yang digunakan bermacam-macam, mulai dari pembagian leaflet tata cara penggunaan LPG 3kg, sosialisasi dan forum diskusi di ruangan hingga aksi simpatik di pasar-pasar.

"Resosialiasi dilaksanakan dengan melibatkan pemerintah daerah, LSM dan tokoh masyarakat setempat," katanya.

Heppy mengatakan, dalam resosialisasi tersebut, selalu ditekankan agar masyarakat meneliti kondisi tabung, kompor dan aksesorisnya, selain memastikan adanya logo SNI, juga harus diperhatikan kelayakan kondisi fisiknya.

"Demikian juga terhadap keamanan aksesoris elpiji, masyarakat diminta teliti bahkan jika perlu menguji cobanya sebelum membeli. Sejak awal program konversi elpiji diluncurkan, aspek keselamatan selalu menjadi perhatian utama Pertamina sebagai penyedia gas dan agen resmi sebagai penyalur ke masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, sosialisasi tidak hanya dilakukan kepada masyarakat sebagai pengguna tetapi juga pada agen dan pangkalan secara rutin sehingga diharapkan agen dan pangkalan bisa membantu menjelaskan jika ada keraguan mengenai penggunaan LPG 3 kg.

"Jika masih ada keraguan, masyarakat bisa menghubungi kontak Pertamina di nomor 500 000 langsung dari PSTN, atau menambahkan kode area bagi pengguna GSM," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Pertamina secara simbolis menyerahkan papan tata cara "handling" tabung LPG 3kg, papan ini wajib dipasang di semua Agen sebagai panduan agar penanganan atau perlakuan terhadap tabung khususnya tabung kosong dapat dilakukan dengan benar sehingga tabung selalu dalam kondisi baik.

"Resosialisasi akan terus dilakukan Pertamina agar masyarakat semakin terampil dalam penggunaan LPG 3kg dengan cara yang aman dan benar sehingga masyarakat dapat semakin yakin dan nyaman dalam menggunakan," katanya.(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010