Lucknow (ANTARA News/AFP) - Ledakan bom di luar rumah seorang menteri negara bagian di kota Allahabad di India utara, Senin, menewaskan seorang pria dan melukai lima orang lainnya, termasuk politikus tersebut, kata beberapa pejabat.

Ledakan itu terjadi di luar rumah Nand Gopal Nandi, menteri pemerintan Uttar Pradesh untuk pengecapan dan pendaftaran, pada sekitar pukul 11.45 waktu setempat (atau pukul 13.15 WIB).

Menteri itu, seorang polisi dan seorang wartawan yang bekerja untuk surat kabar Indian Express terluka dalam ledakan tersebut dan telah dirawat di rumah sakit. Seorang pegawai pemerintah lainnya dan seorang pembersih juga cedera.

Korban keenam, seorang pria berusia 40-45 tahun, tewas di tempat terjadinya ledakan ketika bom yang dipercaya ditempatkan di sebuah sepeda motor yang diparkir di dekat tempat itu meledak.

"Mereka yang terluka masih menjalani perawatan di sebuah rumah sakit setempat," kata hakim distrik Sanjay Prasad dari Allahabad, 200 Km di ibukota negara bagian itu, Lucknow.

Nandi telah keluar dari bahaya, sementara keadaan polisi itu dilukiskan sebagai "serius".

India menampung serangkaian kelompok separatis garis keras dan juga menghadapi ancaman konstan dari gerilyawan Islam dan pemberontakan Maois setempat.

Penyelesaian skor dengan kekerasan dan serangan balas dendam juga biasa terjadi di dunia politik India yang kelam. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010