Milan (ANTARA News) - Juara dunia MotoGP Valentino Rossi akan memutuskan Rabu apakah dapat tampil pada perlombaan Jerman GP minggu ini, setelah mencoba menaiki sepeda motor dua kali setelah sebelumnya mengalami kecelakaan patah kaki.

Pebalap Yamaha itu, yang mengalami kecelakaan dalam latihan di Italia GP bulan lalu, diperhitungkan baru akan dapat berlaga lagi setelah istirahat selama tiga bulan, tetapi ternyata ia mengalami kemajuan luar biasa, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

"Saya amat gembira dengan kondisi saya. Saya merasa tidak lagi seperti minggu kemarin," kata pebalap berusia 31 tahun itu kepada wartawan setelah mencoba mengendarai motor Superbike di Brno di Republik Ceko, Senin.

"Sekarang saya akan membuat keputusan yang akan diumumkan Rabu, setelah menjalani sinar X, apakah dapat berlomba di Jerman. Untuk membalap sepenuhnya tentu merupakan cerita lain, tetapi saya masih memiliki waktu beberapa hari untuk pemulihan," katanya.

Pebalap Italia itu pertama kali mengendari Superbike Rabu lalu di Misano, Italia, dan mendapat kesempatan untuk melakukan percobaan kedua di Brno untuk memastikan kondisi kakinya.

Ia datang ke sirkuit menggunakan tongkat ketiak dan mengatakan ia masih merasakan nyeri di bahu dan kakinya. Latihan menggunakan motor MotoGP saat ini tidak diperkenankan.

Pebalap 31 tahun itu, yang dihubung-hubungkan dengan rencana kepindahannya ke Ducati musim mendatang, bahkan ada berita yang menyatakan hal itu akan diumumkan di Jerman minggu ini, sebelumnya sudah menargetkan tampil lagi di Ceko GP pada 15 Agustus.

Juara dunia sepeda motor sembilan kali itu, absen dalam empat putaran balap musim ini dan kini berada di urutan ketujuh klasemen sementara, berada di bawah posisi rekan setimnya dari Yamaha, Jorge Lorenzo.
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010