Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Taufik Kurniawan akan meminta klarifikasi terkait penilaian kepada Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar yang dilakukan Unit Kerja Presiden untuk Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan.

Taufik Kurniawan kepada pers di Jakarta, Selasa mengemukakan, semua kader PAN yang menjadi menteri di kabinet telah bekerja secara baik dan maksimal dalam menjalankan tugas.

Karena itu, jajaran pengurus PAN terkejut dengan adanya informasi bahwa Patrialis Akbar mendapat rapor merah alias berkinerja kurang bagus. Taufik akan klarifikasi Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan UKP4 yang telah menilai kinerja menteri-menteri.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya perlu mengetahui tolok ukur atau parameter penilaian yang digunakan UKP4. Diharapkan, PAN memperoleh jawaban dari Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto.

Menurut Taufik , kader PAN yang menjadi menteri sudah bekerja sesuai rencana kerja. Kalau ada rencana kerja yang belum berhasil, hal itu karena belum adanya dukungan anggaran yang memadai untuk merealisasikan program.

"Kalau evaluasi buruk karena tidak melaksanakan tugas karena anggaran belum ada ya subjektif sekali. Kalau itu dijadikan dasar menilai kinerja seorang menteri menjadi tidak `fair`, kecuali dananya ada," kata Taufik yang juga Wakil Ketua DPR.

Dia berharap, UKP4 memberikan pertimbangan kepada Presiden dengan laporan yang objektivitasnya tinggi.

"Harus menyeluruh, jangan subjektif karena menteri punya dua tugas, yakni sebagai pembantu Presiden dan sekaligus menjaga hubungan baik dengan Presiden," katanya.
(ANT/A024)






Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010