Kuala Lumpur (ANTARA News) - Menteri pemuda dan olahraga Andi Malarangeng meresmikan pembukaan pekan olahraga mahasiswa Indonesia yang studi di Malaysia sekaligus memberikan sumbangan sebesar Rp40 juta agar kegiatan tersebut terlaksana.

"Tugas utama mahasiswa adalah belajar, tapi jangan lupakan atau sepelekan olahraga. Apalagi lagu kebangsaan kita Indonesia Raya mengatakan bangunlah jiwanya bangunlah raganya untuk Indonesia raya," kata Menpora dalam sambutannya di KBRI Kuala Lumpur, Selasa.

"Jangan kaki kecil, badan kurus dan kepala besar seperti pentol korek api karena terlalu fokus pada belajar akibatnya kepalanya yang besar," kata Andi yang langsung disambut gelak tawa sekitar 200 mahasiswa Indonesia dari berbagai kampus di Malaysia.

Dubes RI untuk Malaysia Da`i Bachtiar yang menjadi tuan rumah acara tersebut juga ikut tertawa mendengar sambutan Menpora.

Selain meresmikan pekan olahraga mahasiswa, Menpora juga menghadiri pembukaan Asean School Games ke-2 2010 di Kuala Lumpur. Indonesia mengirimkan 165 atlet dan pelatih (official) dan ikut bertanding di sembilan dari sebelas cabang olahraga yang dipertandingkan.

Menpora juga mengadakan pertemuan dengan mitranya dari Malaysia membicarakan berbagai kerjasama program kegiatan pemuda agar hubungannya lebih erat lagi di masa mendatang.

Apalagi Asean telah sepakat menjadi satu komunitas pada tahun 2015 dimana Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang menjadi motor di regional Asean.

Ketua PPIM (persatuan pelajar Indonesia di Malaysia) Muhamad Hamidi mengatakan dalam pesta olahraga antar mahasiswa Indonesia yang studi di Malaysia ada lima cabang yang dipertandingkan yakni basket, sepak bola, badminton dan volley. "Pertandingan antar kampus dan target pesertanya ialah 750 mahasiswa Indonesia dari sekitar 11.000 mahasiswa Indonesia di Malaysia," katanya.

Menurut dia, selain mendapat bantuan dari Menpora, penyelenggaraan pesta olahraga ini juga mendapatkan bantuan dari KBRI. Piala umum yang diperebutkan ialah Piala Duta Besar, dan mendapat bantuan dari pemerintah negara bagian Melaka mengenai akomodasi karena pertandingan berlangsung disana.(*)

(T.A029/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010