Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menyiapkan 64 mahasiswa dari berbagai fakultas di perguruan tinggi itu untuk bertanding di pekan seni dan olahraga nasional bertajuk "Pesona".

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Palu Dr Mohamad Idhan, di Palu, Senin, mengemukakan Pesona merupakan salah satu kegiatan nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

"Sesuai dengan informasi yang kami terima dari Kemenag bahwa tahun ini Pesona dilaksanakan di Bandung tanggal 8 - 13 Agustus 2022 mendatang, dan UIN Sunan Gunung Jati sebagai tuan rumah," kata Idhan.

UIN Datokarama Palu saat masih berstatus sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pesona yang saat ini masih bernama Pekan Olahraga Seni dan Riset (Peonir) Ke VII Tahun 2015.

Baca juga: Rektor UIN Palu: Pemeriksaan kesehatan hewan kurban harus dilakukan

Baca juga: FTIK UIN Palu gandeng Kemenag Sigi optimalkan penyuluhan agama


Saat itu IAIN Palu mampu meraih juara dua nasional pada kegiatan yang diikuti seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) STAIN, IAIN dan UIN se-Indonesia.

Idhan mengatakan pihaknya berupaya agar prestasi yang pernah diraih di tahun 2015, agar dapat diraih kembali pada Pesona tahun 2022 di Bandung.

"Maka 64 mahasiswa dan mahasiswi yang akan kami bawa, merupakan mereka yang telah kami seleksi sebelumnya," ujarnya.

UIN Palu memiliki banyak atlet berprestasi dan telah berkontribusi mengharumkan nama UIN Palu dan Sulawesi Tengah di kanca nasional lewat Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Semua atlet yang olahraga yang punya pengalaman bertanding kami turunkan di Pesona di Bandung. Saat ini masih ada waktu untuk para atlet latihan semaksimal mungkin," ucap Idhan.

UIN Palu menurunkan 64 mahasiswa/i untuk bertanding di 19 cabang lomba di antaranya tenis meja, catur, pencak silat, karate, taekwondo, bulu tangkis, futsal, dan panjat tebing.

Sementara untuk cabang seni misalnya, MTQ, MHQ, MSQ, Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Puitisasi Terjemah Al Quran, film pendek, stand up komedi, monolog, kaligrafi dan qosidah.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Dinda Nuraisyah meraih juara dua di kelas kumite perorangan 21 tahun berat -50 kilo gram putri Kejuaraan Nasional Wadokai Karatedo, yang dilaksanakan di Jakarta Timur tanggal 27 - 30 Oktober 2021. ((ANTARA/HO-Dok Dinda Nuraisyah))


Baca juga: UIN Palu salurkan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa transmigrasi

Baca juga: UIN Palu-IAIN Kendari kerja sama pengembangan kelembagaan

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022