Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bersinergi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah dalam  mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun 2024.

Rektor UIN Datokarama Prof KH Lukman S Thahir, di Kota Palu, Senin, mengemukakan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 harus bersinergi dengan multipihak.

"Kanwil Kementerian Agama menjadi satu mitra strategis UIN Datokarama," ujar Prof Lukman.

Baca juga: Kembangkan kewirausahaan, UIN Palu upayakan lulusannya tak nganggur

Lewat sinergi yang terbangun, UIN Datokarama bersama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Palu.

Sosialisasi itu dihadiri Rektor UIN Datokarama Prof Lukman S Thahir dan Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Ulyas Thaha, serta diikuti kurang lebih 500 siswa kelas XII yang berasal dari enam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) naungan MAN 1 Palu.

Rektor menyampaikan UIN Datokarama saat ini tengah berupaya agar lulusan perguruan tinggi tersebut tidak menjadi pengangguran. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan akademik lebih mengarah pada pembangunan kompetensi kewirausahaan atau kemampuan mahasiswa berusaha.

Penerimaan mahasiswa baru di UIN Datokarama diawali dari jalur penerimaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Dalam seleksi ini terdapat tiga program studi umum yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru, yaitu program studi informatika, sistem informasi dan arsitektur.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Ulyas Thaha mengemukakan bahwa pihaknya akan mendorong siswa dan siswi alumni madrasyah di bawah naungan Kanwil Kemenag provinsi itu untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UIN Datokarama.

"Apalagi ada kemudahan dan beasiswa yang diberikan, hal ini menjadi kesempatan emas bagi masyarakat Sulteng kuliah di UIN Palu," ucapnya.

Ia mengaku akan mendukung penuh upaya peningkatan jumlah mahasiswa UIN Datokarama.

Baca juga: UIN Palu gandeng Kemenag sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru

Baca juga: Pakar paparkan pentingnya pemahaman moderasi beragama sejak dini


Ulyas Thaha yang merupakan kandidat doktor UIN Datokarama itu mengatakan bahwa alumni madrasah di wilayah Sulteng tidak perlu ragu untuk kuliah di UIN Datokarama.

Perguruan tinggi tersebut, tidak hanya fokus pada pengembangan pengetahuan, tetapi juga kompetensi keterampilan agar kelak tidak menganggur setelah selesai kuliah.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan, Prof Lukman S Thahir turut menghibur siswa - siswi KKM MAN 1 Palu dengan memainkan gitar akustik dan bernyanyi bersama siswa - siswi tersebut.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024