Tantangan ini harus direspons cepat dan sistematis oleh UIN Datokarama dengan memberikan solusi konkrit. Karena, pemikiran sederhana masyarakat yaitu kuliah agar kelak bisa bekerja
Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengupayakan mahasiswa selesai kuliah atau lulus jenjang Strata Satu (S1) mampu berusaha dan siap kerja agar tidak menjadi pengangguran.

Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir, di Kota Palu, Selasa, mengemukakan tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi saat ini yakni bagaimana menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap berusaha dan siap kerja di tengah tingginya persaingan kerja.

"Tantangan ini harus direspons cepat dan sistematis oleh UIN Datokarama dengan memberikan solusi konkrit. Karena, pemikiran sederhana masyarakat yaitu kuliah agar kelak bisa bekerja," ujarnya dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 2 Palu.

Ia memastikan kelak mahasiswa UIN Datokarama setelah lulus, tidak lagi menjadi pengangguran, karena saat ini dalam pembinaan dan pengembangan kompetensi mahasiswa difokuskan pada pengembangan kewirausahaan berbasis Islam moderat.

Baca juga: Rektor: UIN buka penerimaan mahasiswa baru bagi non-muslim

Fokus pengembangan tersebut, kata dia, telah tertuang dalam visi UIN Datokarama yaitu terdepan dalam pengembangan integrasi ilmu, entrepreneurship, dan kearifan lokal yang berwawasan Islam moderat tahun 2031.

"Sulawesi Tengah negeri kaya yang saat ini menjadi tujuan investasi pada sektor energi sumber daya mineral. Maka peluang ini harus disiapkan oleh UIN Datokarama, agar kelak, mahasiswa UIN Datokarama bisa bekerja di perusahaan pertambangan karena keterampilan teknologi dan kemampuan menguasai alat berat," ujarnya.

Untuk merealisasikan hal itu, pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan salah satu investor pertambangan nikel di Sulteng.  

Kemudian, mahasiswa juga akan dilatih merakit dan membersih Air Conditioner (AC). Untuk itu pihaknya menjajaki kerja sama dengan perusahaan elektronik ternama di Indonesia. Selanjutnya, kata dia, mahasiswa juga akan dilatih menangani dan mengelola kegiatan (event organizer).

Baca juga: UIN Palu gandeng Kemenag sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru

 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024