Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bersinergi dengan Kementerian Agama menggelar doa bersama untuk Palestina, sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina.

"Doa bersama ini merupakan satu rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama," kata Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Datokarama Dr Hamlan, di Palu, Selasa.

Menurut Hamlan, UIN Datokarama dalam peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama menggelar berbagai kegiatan, di antaranya dzikir awal tahun dan doa bersama untuk Palestina.

Baca juga: UIN Palu-Ombudsman kerja sama tingkatkan kualitas layanan publik

"Doa bersama untuk Palestina merupakan kegiatan Kementerian Agama dan UIN Datokarama ikut menyukseskan kegiatan tersebut," ujar dia.

Selain doa bersama, kata Hamlan, UIN Datokarama dalam memperingati HAB Kementerian Agama, juga melaksanakan ziarah ke makam pembawa Islam di Sulteng Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) dan Syekh Abdullah Raqie atau Datokarama.

Guru Tua dan Datokarama dikenal oleh masyarakat sebagai tokoh pembawa ajaran Islam di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, ujar Hamlan, ziarah ke makam dua tokoh tersebut dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Baca juga: UIN Datokarama-Universitas Azlam kerja sama pembangunan SDM Sulteng

"Hal ini salah satu tujuannya untuk mengenang jasa dua tokoh tersebut," ujarnya.

Ia mengemukakan, UIN Datokarama juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lain, di antaranya bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, futsal, pop solo, dan karaoke.

HAB Ke-78 Kementerian Agama mengusung tema Indonesia hebat bersama umat. Tema ini, kata Hamlan, menjadi satu komitmen Kementerian Agama dalam meningkatkan pelayanan kepada umat beragama.

Baca juga: Pemkab Sigi gandeng UIN Datokarama asah profesionalitas guru

"Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia hebat," kata Hamlan.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024