Washington (ANTARA News) - Gedung Putih pada Selasa mengirim tagihan keempat 99,7 juta dolar kepada BP untuk pembersihan dan operasi pemulihan pasca bencana minyak Horizon Deepwater di Teluk Meksiko.

BP dan "pihak yang bertanggung jawab" lainnya dalam bencana lingkungan terburuk Amerika, sudah membayar tiga tagihan sebelumnya, senilai 122 juta dolar penuh, kata para pejabat, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Pemerintahan Obama mengatakan bahwa tagihan itu untuk biaya dari operasi tanggap bencana oleh lebih dari dua lusin entitas federal dan lembaga mencakup tiga negara bagian.

Undang-Undang Pencemaran Minyak 1990, yang berlaku setelah bencana minyak Exxon Valdez di Alaska, membuat raksasa minyak itu bertanggung jawab atas biaya pembersihan akibat tumpahan minyak.

Presiden Barack Obama juga berjanji untuk memaksa BP bertanggung jawab jika ditemukan bahwa perusahaan melanggar undang-undang apa pun sebelum ledakan anjungan Horizon Deepwater pada April.

Pemerintah juga memaksa BP untuk membuka rekening penampungan (escrow) 20 miliar dolar kompensasi untuk memberikan dukungan padai orang-orang dan industri yang terkena bencana, termasuk di sektor perikanan dan pariwisata.

BP mengatakan pada Senin bahwa biaya mengatasi bencana kebocoran minyak di Teluk Meksiko sudah 3,5 miliar dolar (2,78 miliar euro), karena ledakan pada April, yang menewaskan 11 pekerja.
(A026/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010