Jakarta (ANTARA News) - Artis Anya Dwinof dan Rahma Landy dinobatkan menjadi duta koperasi dan UKM oleh Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Rabu.

"Sebagai duta KUKM, keduanya memiliki tanggung jawab yang besar karena membantu memberdayakan KUKM yang selama ini merupakan 99,9 persen pelaku ekonomi di Indonesia," kata Sjarifuddin Hasan setelah membuka acara Smesco UKM Festival 2010 bertema Puncak Kreasi dan Inovasi Produk Koperasi dan UKM.

Ia mengatakan, dua duta koperasi tersebut akan mengemban tugas yang tidak mudah untuk turut serta mendorong majunya KUKM terlebih selama ini sektor KUKM memberikan kontribusi mencapai 56 persen bagi PDB Indonesia.

Menurut dia, dua duta akan memegang peran strategis sebagai perekat sinergi antar-berbagai pihak demi majunya sektor KUKM.

"Dan dengan adanya sinergi antar-semua pihak maka saya yakin KUKM akan memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat," kata Menteri.

Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram, mengatakan, pihaknya memilih Anya dan Rahma karena keduanya merupakan publik figur yang cerdas dan cekatan serta dinilai mampu menjalin kerja sama yang baik.

"Kita harapkan kedua duta ini bisa meningkatkan, membantu menjalin kerja sama, mempromosikan, dan mengangkat citra KUKM sebagai kekuatan ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Agus menilai dua duta itu memiliki kepribadian yang baik sebagai publik figur sehingga diharapkan dapat menjadi icon penggunaan produk dalam negeri.

Anya Dwinof selama ini aktif menjadi presenter dalam berbagai acara, pemain sinetron, dan model. Sedangkan Rahma Landy adalah pemenang wajah Femina dan runner up Putri Indonesia.
(H016/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010