Jakarta (ANTARA News) - Kadin Indonesia akan mengadakan kegiatan golf amal Sail Banda untuk Maluku pada Minggu (18/7) di Royale Halim Golf Club, Jakarta, kata Ketua Kadin Golf Club Soeharsoyo di Jakarta, Kamis.

"Hasil dari acara ini akan disumbangkan untuk pembangunan infrastruktur, sekolah, dan fasilitas kesehatan serta pembangunan tempat ibadah seperti Gereja Maranatha dan Mesjid Al-falah yang keduanya berada di Ambon," katanya.

Melalui kompetisi golf, Kadin akan menghimpun sumbangan dari para peserta dan pihak sponsor yang akan diserahkan kepada pemerintah untuk digunakan pembangunan tempat ibadah, infrastruktur, sekolah dan fasilitas kesehatan di Maluku.

Pemerintah Indonesia merencanakan pelaksanaan Sail Banda yang berpusat di Ambon. Perhelatan akbar tersebut direncanakan berlangsung pada 27 Juli sampai 8 Agustus 2010 dengan beberapa kegiatan seperti yacht rally and race, kejurnas olahraga perairan dan game fishing, internasional diving tournament.

Sail Banda 2010 akan mengambil tema utama "Small Island For Our Future" yang berarti pulau-pulau kecil untuk masa depan kita karena Maluku merupakan provinsi yang struktur geografisnya didominasi oleh pulau-pulau kecil.

Mengingat hasil dari acara untuk kegiatan sosial, Kadin berupaya untuk mendukung program Sail Banda ini dengan menggalang peserta sebanyak-banyaknya baik itu dari kalangan pejabat pemerintah, pelaku usaha, kedutaan besar ataupun publik kadin lainnnya.

"Kita harapkan sekitar 220 orang lebih peserta dapat mengikuti turnamen ini. Target dana yang bisa kita peroleh sekitar 2 sampai 2,5 Miliar rupiah. Semoga ini bisa terwujud. Dan hasil ini sepenuhnya kita serahkan kepada pemerintah daerah Maluku. Kami menghimbau teman-teman pelaku usaha atau pun para pejabat dan yang lainnya dapat berpartisipasi" tambah Soeharsoyo.

Soeharsoyo menambahkan bahwa turnamen Sail Banda ini akan diikuti sedikitnya lima Menteri antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Perindustrian M.S Hidayat, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

"Kadin berharap bahwa Sail Banda bukan hanya untuk Maluku, tetapi juga untuk pariwisata Indonesia. Apalagi ini skalanya internasional semoga kesan positif dapat diperoleh dengan keberhasilan penyelenggaraan Sail Banda ini," kata Soeharsoyo.(*)
(T.A020/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010