Gubernur lantik Dadang S-Sahrul Gunawan sebagai Bupati-Wabup Bandung

Gubernur lantik Dadang S-Sahrul Gunawan sebagai Bupati-Wabup Bandung

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil melantik Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bandung periode 2021-2026 Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya periode 2021-2026 Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Senin (26/4/2021). (Antara/Ajat Sudrajat)

Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil melantik Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bandung periode 2021-2026 di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Senin.

Selain pasangan Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan terhadap Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya periode 2021-20246, Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No 131.32-1038 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri No 131.32-266 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Jabar.

Baca juga: Bupati dan Wakil Bupati Sekadau diminta maksimal tangani COVID-19
Baca juga: Ganjar minta Bupati Kudus lanjutkan reformasi birokrasi
Baca juga: Wabup Ogan Komering Ulu berbaju tahanan ke lokasi pelantikan
​​​​​​​

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada dua Bupati Bandung dan Wakil Bupati Bandung serta Bupati Tasikmalaya dan Wakil Bupati Tasikmalata yang dilantik oleh dirinya tersebut.

"Kami sangat bahagia karena kami menunggu waktu cukup lama sehubungan dua daerah ini menunggu keputusan dari MK. Karena dari MK-nya sudah jelas sehingga tidak ada lagi persoalan hukum yang mengemuka di dua daerah tersebut. Oleh karena itu atas perintah Menteri Dalam Negeri kami lakukan pelantikannya," kata dia.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini menyampaikan sejumlah pesan khusus kepada dua pasang kepala daerah tersebut.

Yang pertama ialah dua pasang kepala daerah tersebut agar segera bekerja, yang kedua bupati dan wakil bupati terpilih agar senantiasa menjaga kekompakan.

"Karena saya tidak mau mendengar ada masalah-masalah yang sifatnya komunikasi. Harus dibangun dari awal. Kemudian dukungan pemerintah provinsi terhadap dua wilayah ini luar biasa karena dua wilayah ini penduduknya cukup besar di Jabar," kata dia.

Selain itu, Kang Emil juga meminta dua pasang kepala daerah tersebut agar fokus terhadap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu Bupati Bandung Dadang Supriatna menuturkan pihaknya siap melaksanakan pesan khusus yang disampaikan oleh Gubernur Jabar M Ridwan Kamil.

"Insya Allah setelah pelantikan ini mungkin nanti siang akan melaksanakan sertijab (dari Pj Bupati Bandung), saya dengan Pak Wakil Bupati dan langsung bekerja yaitu mulai hari ini, dan dalam waktu 99 hari kerja ini," kata Dadang Supriatna.

Salah satu fokus dari program kerja, kata dia, ialah terkait revitalisasi sungai-sungai di daerah rawan banjir seperti di Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Cicalengka dan Cikancung.

"Dan yang kedua, kami fokus terhadap bagaimana hutan-hutan ini saat ini sedang gundul, mungkin ada penanaman pohon di daerah hutan yang terutama di Hulu Cisanti dan sekitarnya," kata dia.

Selain itu, penanggulangan pandemi COVID-19 juga akan menjadi fokus kinerja yang akan dilakukan oleh dirinya dan Sahrul Gunawan di Kabupaten Bandung.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar