Jakarta (ANTARA News) - Kadin Indonesia berhasil menghimpun dana Rp2 miliar melalui kegiatan golf amal "Sail Banda" untuk Maluku yang berlangsung di padang golf Royale Halim Golf Club di Jakarta, Minggu.

"Dari para peserta pertandingan gol yang berjumlah 239 pemain kami mendapatkan Rp1 miliar, namun kami mendapatkan tambahan dari donatur secara spontan pada event ini sejumlah Rp1 miliar lagi sehingga total kami dapat Rp2 Miliar, ini sesuai dengan kebutuhan dana yang akan disumbangkan untuk pembangunan Maluku," kata Ketua Kadin Golf Club Soeharsoyo seusai acara penutupan event tersebut, Minggu.

Menurutnya, hasil pengumpulan dana tersebut nantinya akan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2-3 Agustus di Maluku.

"Dana tersebut diperuntukkan bagi pembangunan rumah-rumah ibadah terutama Masjid Al-Fatah dan Gereja Maranatha di Ambon yang telah rusak akibat kerusuhan yang terjadi di Maluku beberapa waktu lalu," katanya.

Sementara itu Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu yang hadir pada acara golf amal merasa gembira dengan hasil penghimpunan dana untuk daerahnya tersebut, karena rehabilitasi tempat-tempat ibadah yang berada di Maluku sudah seharusnya secepatnya diselesaikan.

"Kami bahagia akhirnya melalui kegiatan golf amal ini bisa terkumpul dana yang bisa digunakan untuk rehabilitasi rumah-rumah ibadah yang berada di Maluku," kata Gubernur Maluku.

Pemerintah Indonesia merencanakan pelaksanaan Sail Banda yang berpusat di Ambon akan berlangsung pada 27 Juli sampai 8 Agustus 2010 dengan beberapa kegiatan seperti yacht rally and race, kejurnas olahraga perairan dan game fishing, internasional diving tournament.

Sail Banda 2010 akan mengambil tema utama "Small Island For Our Future" yang berarti pulau-pulau kecil untuk masa depan kita karena Maluku merupakan provinsi yang struktur geografisnya didominasi oleh pulau-pulau kecil.

Mengingat hasil dari acara untuk kegiatan sosial, Kadin berupaya untuk mendukung program Sail Banda ini dengan menggalang peserta sebanyak-banyaknya baik itu dari kalangan pejabat pemerintah, pelaku usaha, kedutaan besar ataupun publik Kadin lainnya.

Dalam golf amal "Sail Banda" tersebut ikut hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Sementara itu pada event golf amat "Sail Banda" di Jakarta tersebut, keluar sebagai Best Gross Overall Suharsono yang mencatat skor Gross 76 dan Net 72, sedangkan Best Net Overall direbut Tedjo Diningrat dengan skor Gross 82 dan Net 58/67.(*)
(T.A020/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010