Jakarta (ANTARA News) - Tim "7 Summits Expedition" atau tim pendaki puncak tertinggi dunia di tujuh benua dari Wanadri siap mendaki sasaran kedua yaitu Puncak Kilimanjaro (5.892m) di Tanzania, Afrika.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, Tim Alpha yang berangggotakan enam orang pendaki inti yaitu Ardesir Yaftheby, Iwan Irawan, Martin Rimbawan, Nurhuda, Fadjri Al Luthfi, dan Gina Afriani serta tim pendukung akan berangkat, Senin (26/7).

"Secara umum semuanya telah siap baik kesiapan pendaki serta akomodasi yang diperlukan selama pendakian. Saat ini, mereka (pendaki, red) telah memasuki masa tenang (recovery)," kata Ketua Harian "Seven Summits Expedition" Yoppie R Saragih saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin.

Menurut dia, pada masa tenang sebelum berangkat ke Puncak Kilimanjaro, seluruh tim pendaki akan menjalani tes kesehatan. Sesuai dengan jadwal yang ada, tes kesehatan bagi pendaki akan dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung.

Melihat hasil latihan dan pemantapan di Gunung Tangkubanperahu, Lembang, kata dia, seluruh pendaki tidak mengalami kendala termasuk masalah kesehatan. Pihaknya optimistis hasil pemeriksaan kesehatan sesuai yang diinginkan.

"Persiapan di Tangkupanperahu telah sesuai dengan rencana. Jadi kami melihat persiapan pendakian sudah cukup dan siap berangkat ke pendakian kedua," katanya menambahkan.

Tim "7 Summits Expedition" sebelumnya telah sukses mendaki sasaran pertama yaitu Puncak Ndugu-Ndugu atau Cartenz Pyramid (4884) di Papua tanggal 18 April lalu. Di puncak tertinggi di Oceania tim pendaki juga melakukan latihan untuk pendakian berikutnya yaitu Puncak Kilimanjaro.

Setelah mendaki Puncak Kilimanjaro di Tanzania, perjalanan pendaki akan langsung menuju Puncak Elbrus Elbrus (5.642) di Rusia. Sesuai jadwal pendakian dilakukan medio bulan Agustus-September mendatang.

Tim Alpha setelah mendaki dua puncak akan kembali ke Tanah Air guna menyiapkan pendakian berikutnya yaitu ke Puncak Vinson Massif (4.897) di Antartika pada pertengahan Desember 2010-Januari 2011.

Selanjutnya secara berturut-turut akan mendaki Puncak Denali/Mc Kinley (6194) di Alaska pada pertengahan April-Mei 2011, Puncak Aconcagua (6.962) di Argentina pada pertengahan November-Desember 2011 dan sasaran terakhir adalah Puncak Sagarmatha/Everest (8.850) di Nepal pada pertengahan April-Mei 2012.
(B016/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010