Meulaboh (ANTARA News) - Ribuan warga menyampaikan doa bersama 40 hari meninggalnya mantan deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Tgk. Hasan Di Tiro di Pesantren Darul Aman Gampong (desa) Peulanteu Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat, Selasa.

Doa bersama diprakarsasi Partai Aceh (PA) Wilayah Aceh Barat dan dipimpin Abu Amran Wali itu berlangsung hikmat yang dihadiri Bupati Aceh Barat Ramli MS, Dewan Penasehat PA Provinsi Aceh Tengku Zakaria Saman, Ketua Komite Peralihan Aceh Wilayah Aceh Barat Abu Yus.

Ketika memberi arahan, Bupati Ramli menyampaikan syukur atas partisipasi masyarakat menghadiri peringatan 40 hari meninggalnya Hasan Tiro.

"Semasa hidup almarhum rela pisah dengan keluarga dan anaknya, memikirkan kemakmuran Aceh. Hasilnya telah kita rasakan sendiri, karena jasanya lahirlah MoU damai antara RI dan GAM," ujarnya.

Di depan ribuan massa, Ramli juga mengutarakan harapannya pada pemerintah pusat agar bisa mengimplementasikan butir-butir pada MoU perdamaian Helsinki.

"Warga Aceh terlihat bahagia pasca-damai. Harapannya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dapat mengimplemantasikan secara nyata butir-butir MoU Helsinki," harap Bupati Ramli.

Ketua panitia Ishak Yusuf mengatakan, pihaknya menyembelih 23 ekor kerbau sebagai hidangan kenduri yang secara langsung dimasak oleh warga di 17 gampong dalam Kecamatan Bubon.

"Sebanyak 250 anak yatim diundang pada acara ini. Masyarakat yang hadir mengaku senang bisa hadir pada acara tersebut," kata Ishak yang juga menjabat Ketua DPRK Aceh Barat.

Almarhum memang pantas didoakan karena selama ini sangat berjasa menciptakan perdamaian dan keamanan di Aceh, kata Sarifah (60), warga Gampong Tumpuk Ladang, Kecamayan Kaway XVI.
(ANT-139/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010