Luhut apresiasi kontribusi BUMN dalam ekonomi RI

Luhut apresiasi kontribusi BUMN dalam ekonomi RI

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir di proyek Jembatan Lengkung Bentang Panjang Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang dibngun oleh PT Adhi Karya di Kuningan, Jakarta, Senin (11/11/2019). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama/aa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi peran dan kontribusi BUMN terhadap perekonomian Indonesia yang menunjukkan angka cukup signifikan terutama dalam satu tahun terakhir.

“Sejauh pengamatan saya program besar Kementerian BUMN dalam setahun terakhir menunjukkan kinerja yang positif,” katanya dalam webinar IFG Progress Launching di Jakarta, Rabu.

Luhut menyebutkan beberapa sumbangan BUMN terhadap perekonomian Indonesia yang naik cukup signifikan di antaranya meliputi pemberian dividen, penciptaan lapangan kerja, penerimaan pajak, hingga menjadi pioner dalam sektor-sektor strategis.

Baca juga: Kontribusi bank BUMN tekan dampak COVID-19

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan sumbangan dan peran BUMN di berbagai negara yang juga menunjukkan angka cukup signifikan.

Tak hanya itu, Luhut mengatakan tanggung jawab BUMN dalam memberikan sumbangan yang lebih dalam pembangunan perekonomian juga telah dijawab sejak kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ia menjelaskan tantangan tersebut dijawab dengan mempertajam lini bisnis dari masing-masing BUMN yang diikuti perbaikan aspek tata kelola dan risk management sehingga memberikan profit yang sehat.

Baca juga: Anggota DPR: Perkuat BUMN produsen alutsista

Selain itu, ia turut mengapresiasi Kementerian BUMN karena telah berperan aktif membangun ekonomi di tengah pandemi yaitu melalui peran Indonesia Financial Group (IFG) dengan memberikan penjaminan kepada UMKM agar tetap menjalankan usahanya.

“Dalam kondisi pandemi BUMN juga berperan aktif dalam menangani penyebaran virus dengan membatu pemerintah memberikan vaksin dan peralatan medis kepada masyarakat,” ujarnya.

Luhut pun berpesan agar pengelolaan BUMN terus dikelola dengan tata kelola dan risk management yang baik agar BUMN tidak menghadapi persoalan-persoalan pada kinerja korporasinya.

“Budaya AKHLAK harus menjadi satu-satunya core values yang dicanangkan Kementerian BUMN untuk menjadi penopang utama bagi komisaris, direksi, dan karyawan BUMN dalam mengelola roda-roda organisasi BUMN sehari-hari,” tegasnya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Luhut siap fasilitasi potensi ekonomi Malang Raya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar