Depok (ANTARA News) - Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr.Gumilar Rusliwa Somantri menerima penganugerahan gelar Doktor (HC) dalam bidang Science (Doctor of Science) dari Universitas Loughborough, Inggris.

"Penghargaan ini merupakan sebuah panggilan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk terus bergandengan tangan dengan masyarakat global dalam upaya membangun peradaban kemanusiaan yang lebih baik di masa datang," kata Deputi Sekretariat Pimpinan UI, Devie Rahmawati, dalam keterangan persnya melalui surat elektronik, Rabu.

Devie mengatakan prosesi penganugerahan dilakukan di Universitas Loughborough, Leicestershire, Inggri dan diberikan oleh Sir Nigel Rudd, Chancelor Universitas Loughborough, dihadapan para Guru Besar dan sekitar 2000 lulusan baru universitas tersebut.

Hadir dalam penganugerahan tersebut adalah Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Yuri Octavian Thamrin, Ketua Mejelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia, dr. Purnomo Prawiro serta Ketua Dewan Guru Besar (DGB) Universitas Indonesia, Prof Biran Affandi.

"Dalam penganugerahan ini Gumilar membawakan pidato ilmiah bertajuk "Building the University of Tomorrow, kata Devie.

Sementara itu, Rektor UI, Gumilar mengatakan penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi tidak hanya bagi UI, tetapi bagi masyarakat Indonesia, khususnya pemerintah Republik Indonesia.

Pemerintah kata dia, telah mendorong perguruan tinggi di tanah air untuk terus meningkatkan kualitas akademik dan riset yang kelak mampu mengulang sejarah bangsa ini menghasilkan karya akademik seperti nobel, yang bermanfaat luas bagi kehidupan masyarakat dunia.

Dubes Indonesia untuk Inggris, Yuri Thamrin mengatakan penganugerahan ini juga menandai semakin besar kepercayaan dan penghargaan yang diberikan masayarakat Eropa khususnya Inggris bagi kemampuan dan prestasi bangsa Indonesia.

"Penganugerahan ini dapat diwujudkan melalui semangat membina berbagai kerjasama riset antar dua negara," katanya.

Sedangkan Prof. Chris Backhouse, dari Universitas Loughborough mengatakan salah satu latar belakang dari penghargaan ini diberikan kepada Prof. Gumilar karena dedikasi yang tinggi dalam mendorong UI membangun reputasi yang luas di kalangan internasional melalui kemajuan dalam bidang kerjasama penelitian.

Univesitas Loughborough merupakan salah satu universitas di dunia dengan reputasi internasional yang tinggi. Universitas ini selama empat tahun berturut-turut (2006 hingga 2009) dinobatkan sebagai universitas terbaik di Inggris untuk kategori The Best Student Experience.
(F006./A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010