London (ANTARA News/AFP) - Xavi Pemain tengah Barcelona mengatakan, Arsenal hanya bisa "meminjam" Cecs Fabregas selama setahun apabila kapten the Gunners itu tidak bisa didapatkan klub juara Spanyol itu pada musim ini.

Sebelumnya penawaran 25 juta pound (38 juta dolar) Barca untuk Fabregas pada penutupan musim telah ditolak, meskipun pemain tengah Arsenal itu menegaskan lebih suka kembali ke mantan klubnya, tak ada tanda-tanda pencapaian kesepakatan segera.

Fabregas yang berusia 23 tahun masih harus menyelesaikan lima tahun kontraknya dengan Arsenal saat ini dan pelatih the Gunners Arsene Wenger mati-matian mempertahankan aset berharganya.

Namun Xavi, yang bermain bersama Fabregas di tim Spanyol Pemenang Piala Dunia, yakin pemain itu akan pindah ke Nou Camp dalam waktu 12 bulan apabila Barca tidak bisa mendapatkannya sekarang.

Kami tahu dimana yang Cecs inginkan pada musim mendatang, namun mungkin tak cukup waktu bagi Barcelona dan Arsenal untuk bersepakat," kata Xavi kepada Daily Express.

Arsenal perlu mengerti bahwa mereka hanya menunda yang tak terhindarkan.

"Jika kami tak berhasil memperoleh tanda tangannya musim ini maka Arsenal sebenarnya hanya meminjamnya selama setahun - karena tak ada yang bisa mereka lakukan untuk menghentikan keikutsertaannya untuk musim panas mendatang.

"Saya belum menyerah untuk mengharapkannya bergabung dengan kami pada musim ini tetapi, jika ia tidak bisa, tidak akan lebih dari setahun sebelum ia pulang kembali.

"Orang-orangnya punya semusim penuh untuk menyelesaikan kesepakatan diantara kedua klub dan itu akan terjadi paling lama musim panas mendatang."

Xavi mengklaim Fabregas mengatakan kepada rekan-rekan setim internasionalnya ia mengharapkan sekali bergabung dengan Barcelona selagi dalam menjalankan kuajiban Piala Dunia.

"Kami semua bersama-sama dengan dia selama lima minggu di Afrika Selatan dan kami tahu ia ingin berada di Barcelona, ia menyatakannya dengan sangat jelas," tambah Xavi.(*)
(K004/R009/tjm)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010