Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekjen Partai Demokrat (PD) Saan Mustofa mengatakan pergantian Ketua Fraksi PD di DPR akan dilakukan setelah masa reses usai, sebagai bagian dari evaluasi tahunan yang dilakukan oleh partai.

"Kemungkinan pergantian ketua fraksi dilakukan setelah reses. Itu bagian dari evaluasi tahunan, pas satu tahun masa kerja DPR," kata Wakil Sekjen Saan Mustofa kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melakukan pergantian ketua fraksinya. Saat ini juga beredar informasi bahwa Partai Demokrat dalam waktu dekat segera melakukan pergantian ketua fraksinya.

Lebih lanjut Saan menjelaskan bahwa ketua Fraksi PD Anas Urbaningrum saat ini memang disibukkan oleh jabatan barunya sebagai Ketum DPP PD.

"Pak Anas karena kesibukannya sebagai ketum harus diganti," kata Saan.

Menurut Saan, Anas selaku Ketum DPP PD saat ini sedang melakukan konsolidasi ke daerah-daerah, dan karena itu tugas sebagai ketua fraksi menjadi tidak efektif.

Ketika ditanyakan siapa calon ketua Fraksi PD di DPR, Saan mengatakan ada banyak calon yang sama-sama memiliki kemampuan. Saan menyebutkan nama Djafar Hapsah, Yahya Sacawirya, Sutan Batugana, Taufik Effendi, maupun Hayono Isman.

"Tetapi tentu nama-nama itu harus dikonsultasikan ke ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono," kata Saan.

Sementara mengenai kriteria calon ketua fraksi Saan mengatakan setidaknya harus memiliki tiga kriteria. Pertama, mampu bangun soliditas internal dan luar. Kedua, mampu menjelaskan ke publik tentang kebijakan-kebijakan partai.

"Ketiga, memiliki kemampuan lobi dan bisa membangun hubungan dengan fraksi-fraksi lain," kata Saan.(*)
(T.J004/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010