Ambon (ANTARA News) - Kapal Spirit of Darwin akan membawa delegasi Indonesia ke lokasi pelepasan peserta Sail Banda di Darwin Harbour Cullen Bay, Sabtu (24/7).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku, Florence Sahusilawane, dalam pembicaraan melalui telepon di Ambon mengatakan, delegasi RI yang ikut dalam rombongan untuk acara flag off di Darwin Harbour Cullen Bay antara lain Menko Kesra Agung Laksono, Menteri DKP Fadel Muhammad, Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu.

Sampai saat ini, jumlah peserta Sail Banda mencapai 50 perahu. Dari Darwin mereka akan bertolak ke Pulau Banda, Maluku Tengah, dan dijadwalkan tiba di Banda Neira pada 27 Juli.

Di pulau yang terkenal dengan rempah-rempahnya itu, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan sosial dan seni budaya selama tiga hari, sebelum kemudian melanjutkan pelayaran ke Kota Ambon.

Gubernur Maluku, dalam satu wawancara pekan lalu, menyatakan para peserta Sail Banda dijadwalkan tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon pada 31 Juli.

Berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan untuk memeriahkan acara bahari internasional tersebut antara lain pagelaran seni budaya, pameran kerajinan khas Maluku, lomba perahu tradisional, dan seminar-seminar nasional maupun berskala internasional.
(ANT/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010