Presiden Jokowi tinjau proses tanam padi di Kabupaten Malang

Presiden Jokowi tinjau proses tanam padi di Kabupaten Malang

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ketua DPR Puan Maharani (kedua kanan) berdialog dengan petani dalam Kunjungan Kerja di Kanigoro, Pagelaran, Malang, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Dalam kunjungan tersebut, Presiden melakukan panen raya serta memberikan bantuan bagi korban gempa Malang. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.

Ini hasil yang bagus sekali, dan saya tidak lanjuti dengan IPB, agar ini bisa dikembangkan dalam jumlah yang lebih besar lagi
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan proses tanam dan panen padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis.

Kedatangan Jokowi, sapaan akrab Presiden disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Malang M Sanusi untuk melihat dan mengecek panen padi, dan proses tanam padi di wilayah Kabupaten Malang.

"Saya saat ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk melihat yang pertama panen dan kedua tanam, dan ketiga melihat penggilingan rice milling unit," kata Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden hadir bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani dan para menteri. Presiden berkesempatan untuk menyapa dan berdialog dengan perwakilan petani Desa Kanigoro dan masyarakat setempat.

Jokowi menambahkan dalam kunjungan tersebut, ia ingin memastikan bahwa produksi padi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Jika memang mencukupi, maka pemerintah tidak akan perlu melakukan impor beras.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengapresiasi upaya para petani khususnya di Kabupaten Malang, yang mampu meningkatkan produktivitas padi. Peningkatan produktivitas tersebut, dengan mengembangkan tanaman padi varietas IPB 3S.

Dengan menggunakan varietas IPB 3S berdasarkan perhitungan, produktivitas untuk satu hektare sawah mampu menghasilkan 12 ton gabah. Angka tersebut, dinilai Presiden Jokowi merupakan hasil yang produktif.

"Ini hasil yang bagus sekali, dan saya tidak lanjuti dengan IPB, agar ini bisa dikembangkan dalam jumlah yang lebih besar lagi," kata Presiden.

Presiden Joko Widodo tengah melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Agenda pertama, Presiden melakukan silaturahmi dengan perwakilan keluarga korban KRI Nanggala 402 di Hanggar Lanudal Juanda, Kabupaten Sidoarjo.

Presiden kemudian melakukan peninjauan proses tanam dan panen padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Setelah itu, Presiden akan menuju lokasi terdampak gempa yang terletak di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Di lokasi tersebut, Kepala Negara akan meninjau tenda trauma healing, dapur umum hingga tenda pengungsi.

Baca juga: Presiden Jokowi pastikan produksi padi penuhi kebutuhan masyarakat
Baca juga: BPS sebut produksi beras berpotensi naik tajam tahun ini
Baca juga: Menteri Pertanian ikut panen raya padi di OKU Timur


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

ACT Malang aktifkan program tanam raya bibit unggul

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar