Jakarta, 22/7 (ANTARA) - Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono bersama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) menyelenggarakan gerakan Kunjungan Museum dengan mengunjungi tujuh museum di Jakarta bersama-sama 500 murid Sekolah Dasar dari DKI Jakarta dan Cikeas, Bogor, Kamis (17/6).

Gerakan kunjungan museum yang mengangkat tema "Ayo ke Museum Bersama Ibu Negara" itu dimaksudkan untuk menanamkan kecintaan pada museum serta mengapresiasi nilai kesejarahan, IPTEK, dan karya budaya bangsa sejak dini. Melalui kunjungan ke museum diharapkan kalangan generasi muda sebagai penerus bangsa lebih mengenal dan peduli terhadap nilai luhur budaya, mencintai dan bangga terhadap bangsa Indonesia yang multietnis dan multikultur. Dari kegiatan kunjungan museum diharapkan pula dapat membangkitkan fungsi museum sebagai sahabat keluarga dalam mewariskan nilai-nilai budaya, norma, dan identitas bangsa Indonesia.

Penyelenggaraan kegiatan "Ayo ke Museum Bersama Ibu Negara" ini merupakan prakarsa Ibu Negara beserta anggota SIKIB, untuk dijadikan sebagai momentum yang strategis dalam meningkatkan citra museum di tanah air, dengan mengajak para siswa untuk senang berkunjung ke museum. Untuk ini museum sebagai media pendidikan dan sumber ilmu pengetahuan akan terus dikembangkan dan dikelola dengan dinamis, agar dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat dan generasi muda dalam berkarya di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Sebanyak 500 siswa SD kelas IV dan V yang ikut dalam kegiatan kunjungan museum tersebut mendapat pengarahan dari Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka Jakarta, kemudian mereka dibagi dalam kelompok kunjungan. Sekitar 100 siswa di antara mereka mendapat kesempatan bersama Ibu Negara mengunjungi Museum Nasional Jakarta, sedangkan 100 siswa lainnya bersama Ibu Herawati Budiono mengunjungi museum Kepolisian di Mabes Polri.

Sementara itu 300 siswa lainnya yang terbagi dalam beberapa kelompok dengan dipandu ibu-ibu anggota Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) masing-masing mendapat kesempatan untuk mengunjungi Museum Bank Indonesia, Museum TNI Satria Mandala, Museum Indonesia , Museum Transportasi, dan Museum IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah.

Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE menyatakan, Tahun Kunjungan Museum 2010 merupakan langkah awal dalam program revitalisasi museum di tanah air yang dalam lima tahun mendatang 2014 diharapkan sebanyak 80 museum di berbagai daerah di tanah air selesai direvitalisasi.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka. Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010