Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung keberadaan komunitas pengguna sepeda untuk aktivitas sehari-hari karena moda transportasi ini ramah lingkungan dan menyehatkan.

"Komunitas pengguna sepeda di Yogyakarta kini mulai menjamur. Ini menandakan kalangan masyarakat mulai sadar menjaga kesehatan.Kami mendukung keberadaan komunitas pengguna sepeda untuk aktivitas sehari-hari," kata Kepala Kantor Humas Sekretariat dan Protokol Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Herbertus Andre Purwanugraha di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, UAJY telah membentuk komunitas pesepeda Jaringan Sepeda Hijau UAJY, Komunitas Sepeda Jaya Karyawan UAJY, dan "Bike to Work" sebagai tanda dukungan atas munculnya berbagai komunitas ini di Yogyakarta.

Komunitas pengguna sepeda di Yogyakarta, antara lain Jaringan Sepeda Hijau Kampus Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, UAJY, "Bike to Work", Sego Segawe, Komunitas Sepeda Jaya Karyawan UAJY, dan Paguyuban Sepeda Pojok.

Ia mengatakan salah satu bentuk dukungan UAJY terhadap perkembangan komunitas pengguna sepeda di provinsi ini adalah dengan menggelar sepeda bersama pada 24 Juli 2010. Kegiatan ini dimulai pukul 06.30 WIB dengan rute dari depan halaman Gedung Perpustakaan UAJY yang jarak tempuhnya sekitar 20 km dan berakhir di Perpustakaan UAJY.

Kegiatan ini, katanya, merupakan bentuk dukungan dan kampanye UAJY menumbuhkan kembali minat kalangan masyarakat di Yogyakarta menggunakan moda transportasi sepeda sebagai salah satu alat transportasi ramah lingkungan yang menyehatkan.

Dia mengatakan kegiatan ini dilakukan agar kalangan masyarakat semakin mencintai sepeda untuk dijadikan moda transportasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan kampanye cinta lingkungan karena sepeda tidak menimbulkan polusi seperti kendaraan.

"Bersepeda secara rutin memang tidak akan membuat kita berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil namun bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar," katanya.

Dengan bersepeda setiap hari akan melatih napaslebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak bersepeda. Bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam, katanya.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010