Jakarta (ANTARA News) - Information Communication Technology Award (INAICTA) 2010 akan memasukkan nilai-nilai budaya bangsa yang mengedepankan prinsip inklusif dan berkeadilan ke dalam pertumbuhan ekonomi kreatif.

"Rasa cinta tanah air dan bangsa harus di wujudkan dalam setiap aspek kehidupan," kata Ketua Panitia Information Communication Technology Award (INAICTA) 2010 Taufik Hasan dalam jumpa pers di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Jumat.

Taufik mengatakan, tema dari INAICTA 2010 adalah "Membangun Kreativitas Digital untuk Kemakmuran Bangsa".

Menurut Taufik, tema INAICTA sesuai dengan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa ekonomi kreatif dapat mendatangkan dua keuntungan yaitu pertumbuhan pro rakyat dan penguatan identitas kultural yang memperkaya identitas nasional secara nyata.

"Acara ini merupakan penyelenggaraan yang keempat kali sejak 2007 dan telah menciptakan kreator di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi(TIK) dimana kita berharap menjadi bagian dari pembangunan industri TIK," kata Taufik.

Kata Taufik, bidang TIK nilainya sangat tinggi dalam industri kreatif sehingga nilai ekspornya lebih besar dibandingkan dengan industri yang lain.

Menurut Taufik, industri kreatif merupakan sebuah usaha yang murah karena modal utamanya ada di otak, artinya harus ada usaha untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi yang sangat tinggi dari industri kreatif.

"Para peserta INAICTA 2010 akan mendapatkan pelatihan untuk menjadi industriawan selama enam bulan," kata Taufik.

Taufik mengatakan, dalam INAICTA 2010 peserta akan dihubungkan dengan investor sehingga akan tercipta jiwa bisnis dalam diri setiap peserta.

"Para nominator yang terpilih akan dibantu dalam sisi manajemen dan permodalan dan yang namanya kreasi tidak berhenti dalam kreasi umum aplikasi saja,"ungkap Taufik.

Kata Taufik, INAICTA adalah program awal untuk melakukan pengembangan industri kreatif sampai ke daerah Indonesia bagian timur.

"Saat ini ada peserta dari Makassar dan Nusa Tenggara dan memang belum sampai ke Ambon dan Papua sehingga ini merupakan tahapan untuk meratakan industri kreatif di seluruh Indonesia," ungkap Taufik.

Taufik mengatakan, pada Sabtu tanggal 24 Juli 2010 akan diadakan acara penganugerahan juara dari lima nominator yang telah dipilih oleh dewan juri dan acara INAICTA 2010 akan ditutup oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010