Piala Jerman

Leipzig singkirkan Bremen menuju final DFB Pokal lewat babak tambahan

Leipzig singkirkan Bremen menuju final DFB Pokal lewat babak tambahan

Penyerang RB Leipzig Emil Forsberg (tengah) mencetak gol penentu kemenangan atas Werder Bremen dalam semifinal Piala DFB Pokal di Stadion wohninvest, Bremen, Jerman, Jumat (30/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Cathrin Mueller)

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig menyingkirkan Werder Bremen menuju final Piala DFB Pokal seusai memenangi laga semifinal yang harus melewati babak tambahan dengan skor 2-1 di Stadion wohninvest, Bremen, Jerman, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Hwang Hee-chan dan Emil Forsberg mencetak gol-gol kemenangan Leipzig yang sempat dibalas Bremen melalui Leonardo Bittencourt, demikian catatan laman resmi DFB.

Tuan rumah sebetulnya beroleh peluang untuk unggul lebih dulu pada menit ke-30 ketika Joshua Sargent mampu melepaskan diri dari kawalan Ibrahima Konate, sayang ketika tinggal menaklukkan kiper Peter Gulacsi tembakannya melebar dari sasaran.

Pada pengujung babak pertama wasit Manuel Grafe sempat menghadiahi Bremen tendangan penalti setelah Nordi Mukiele diaggap melakukan pelanggaran di dalam area terlarang, tetapi keputusan itu dibatalkan setelah konsultasi dengan VAR.

Leipzig memasuki babak kedua dengan lebih percaya diri, sayang tembakan Mukiele pada menit ke-52 masih bisa ditepis oleh kiper Jiri Pavlenka yang membenturkan bola ke tiang gawang.

Baca juga: Bremen tantang Leipzig dalam semifinal DFB Pokal

Pada menit ke-65 keberuntungan kembali tidak berpihak kepada Leipzig setelah serangan mereka berakhir menghantam mistar gawang dan bola liar yang berusaha disambar Mukiele bisa disapu oleh Jean-Manuel Mbom.

Pavlenka kembali melakukan penyelamatan gemilang saat mementahkan tembakan Christopher Nkunku ke tiang gawang pada menit ke-78.

Di pengujung injury time babak kedua, Pavlenka sekali lagi pamer ketangkasannya menghalau bola tandukan keras Yussuf Poulsen demi memaksakan babak tambahan dimainkan.

Baca juga: RB Leipzig dan Holstein Kiel lanjut ke semifinal DFB Pokal

Baru tiga menit babak tambahan berjalan Hee-chan sukses memecahkan kebuntuan lewat reaksi cepatnya menyambar bola liar di dalam kotak penalti Bremen untuk menaklukkan Pavlenka serta membawa Leipzig memimpin.

Namun, keunggulan itu raib di pengujung babak tambahan pertama ketika Dayot Upamecano melakukan blunder lewat umpan baliknya ke arah Gulacsi yang terlalu lemah dan bisa direbut oleh Bittencourt demi melewati kiper Leipzig itu sebelum menceploskan bola ke gawang tak bertuan.

Pertandingan sepertinya akan dilanjutkan ke drama adu penalti, tetapi tepat di akhir babak tambahan kedua Hee-chan dengan cermat meneruskan umpan silang Kevin Kampl ke arah Forsberg yang dengan dingin melesakkannya ke gawang tuan rumah mengunci kemenangan dan langkah Leipzig ke final.

Leipzig akan menunggu pemenang laga semifinal lain antara Borussia Dortmund melawan tim kasta kedua Holstein Kiel yang baru berlangsung sehari berselang di Signal Iduna Park.

Baca juga: Jadon Sancho antar Dortmund melangkah ke semifinal DFB Pokal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar