Surabaya (ANTARA News) - Kelompok musik asal Kota Bandung Changcuters tampil atraktif dihadapan ratusan penggemarnya di Kota Pahlawan, Surabaya.

Performa itu disuguhkan band tersebut dalam pagelaran musik "As You Like It" di House of Sampoerna, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu malam.

Meski tampil secara akustik, namun band yang digawangi Tria (vokal), Qibil (gitaris), Alda (gitaris), Dipa (basis) dan Erick (drummer) itu tampil Enerjik, atraktif dan komunikatif.

Kelimanya sukses menghibur penggemar mereka selama dua jam. Tampil dengan kostum serba hitam, Changcuters membuat penonton menunjukkan antusiasme untuk menikmati lagu demi lagu.

Lewat penampilan yang atraktif dan enerjik dengan diselingi "guyonan" lucu, vokalis Tria tampil menghidupkan suasana."Apa kabar arek-arek Suroboyo? Ayo semua bernyanyi," ucapnya bersemangat.

Tampil di lagu pertama hit mereka berjudul "Racun Dunia". Selain itu, lagu terkenal lainnya seperti "I Love U Bibeh" dan "Gila- gilaan" membuat ratusan pasang mata yang memadati pelataran parkir museum rokok itu terhipnotis mengikuti lirik demi lirik lagu mereka.

Sejak lagu pertama hingga terakhir, vokalis kelahiran Padang ini seperti tak pernah diam.

Aksi lucu hingga mengundang gelak tawa juga diperlihatkan Tria ketika mengundang band tamu, Nas Band, kelompok musik asal Surabaya.

Ketika para personel Nas Band menyanyikan lagu "Shadow of the Day", vokalis yang juga kekasih Tyas Mirasih tersebut berjalan mengelilingi panggung dan bertingkah layaknya "bodyguard" yang biasa bertugas mengamankan konser sedangkan empat personel lainnya menyebar di sekitar panggung.

Sama seperti Tria, mereka berakting lucu. Salah satunya, Dipa, bergaya ala penari latar di bagian belakang panggung.

Selama tampil, improvisasi gaya juga terus dilakukan Tria selama membawakan lagu. Termasuk mendatangi penonton untuk diajak bernyanyi.

Sederet lagu hit lainnya juga dinyanyikan band asal Bandung ini. Seperti Hijrah Ke London dan Senandung Pertemanan hingga lagu -lagu lainnya.

Kemampuan Tria dalam berbahasa Jawa kian mencairkan suasana dan bisa menghidupkan komunikasi antara band di panggung dengan penonton di sekeliling mereka.

Agar penampilan sedikit berbeda, Changcuters mengajak penyanyi lain untuk tampil bersama di panggung. Kali ini, Tria berduet dengan musisi muda, Lala Carmela. Mereka membawakan salah satu singel hit  "I Love U Bibeh".

Penampilan kemudian ditutup dengan lagu Main Serong.

Sama seperti pagelaran "As You Like It" sebelumnya, penonton diajak lebih dekat dengan musisi yang tampil. Panggung sengaja dibuat menyatu agar penggemar bisa merasa lebih dekat dengan band atau penyanyi favorit mereka.

Tapi pada pagelaran "As You Like It" kedua di Surabaya ini, suasana dibuat sedikit berbeda. Jika pada konser pertama beberapa bulan lalu, penggemar Ungu dimanjakan dengan aksi Pasha dkk di "ballroom" sebuah hotel, kali ini menampilkan suasana "outdoor" (luar ruang).

"Kami ingin menyuguhkan sesuatu yang beda saja. Kebetulan Changcuters termasuk band yang selalu atraktif dan komunikatif saat di atas panggung," kata Robert Gautama, Manager Area Marketing PT HM Sampoerna Tbk wilayah Surabaya.

House of Sampoerna sendiri baru pertama kali menggelar live music. Selama ini, salah satu cagar budaya Surabaya tersebut hanya rutin menggelar pameran seni.
(ANT165/C004)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010