Kemarin, mulai polisi tegur pengurus masjid hingga varian COVID-19

Kemarin, mulai polisi tegur pengurus masjid hingga varian COVID-19

Ratusa pelajar saat merayakan kelulusan tanpa mematuhi prokes. ANTARA/Emir F Saputra

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Senin (3/5) yang masih layak untuk dibaca Selasa pagi ini, mulai polisi tegur keras pengurus masjid di Bekasi hingga tiga varian COVID-19 sudah masuk ke Indonesia.

Berikut berita yang masih layak untuk disimak:

1. Kepolisian tegur keras pengurus masjid di Bekasi usir jamaah bermasker

Kepolisian Sektor Medan Satria mengaku sudah menegur keras pengurus Masjid Al Amanah Harapan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat atas insiden pengusiran jamaah shalat karena memakai masker.

"Soal kejadian video viral itu, sudah kita ingatkan dan tegur keras itu," kata Kepala Kepolisan Sektor Medan Satria Kompol Agus Rohmat di Bekasi, Senin (3/5).

2. Satgas: Kerumunan Tanah Abang runtuhkan jerih payah pemerintah

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengemukakan kerumunan yang terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dalam beberapa hari terakhir meruntuhkan hasil jerih payah pemerintah mengendalikan pandemi.

"Saya sangat menyayangkan kondisi ini. Saya sangat paham dan menghargai tradisi berbelanja menjelang Hari Raya, ini pun sangat baik untuk kemajuan ekonomi nasional, namun melakukannya secara bersamaan ini sama saja akan meruntuhkan hasil jerih payah kita mengendalikan COVID-19," katanya melalui pesan singkat di Jakarta, Senin.

3. Kemendikbudristek anggarkan dana Rp1 triliun untuk Kampus Merdeka

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Nizam mengatakan kementeriannya menganggarkan dana hingga Rp1 triliun untuk penerapan program Kampus Merdeka.

“Kita alokasi anggaran lebih dari Rp1 triliun yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan juga dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),” ujar Nizam dalam Knowledge Sharing Forum ke-19 yang diselenggarakan Universitas Terbuka yang dipantau di Jakarta, Senin.

4. Dinkes Kepri curigai peningkatan pasien disebabkan mutasi COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Bisri mencurigai peningkatan jumlah pasien pada April 2021 disebabkanvarian baru COVID-19, yakni B1525, yang pernah ditemukan pada Februari 2021 di Batam.

"Satu kasus pada Februari 2021 ditemukan varian baru COVID-19 di Batam, yang menginfeksi salah seorang pekerja migran Indonesia dari Malaysia. Kemungkinan ini menyebar saat proses pemulangan pekerja itu," katanya di Tanjungpinang, Minggu.

5. Menteri Kesehatan: Tiga varian virus corona sudah masuk ke Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan bahwa tiga varian baru virus corona yang berasal dari India, Afrika Selatan, dan Inggris sudah masuk ke wilayah Indonesia.

"Tadi juga sudah dilaporkan ke Bapak Presiden, yaitu sudah ada mutasi baru (virus corona) yang masuk, yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat dan dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," kata Budi di Kantor Presiden Jakarta, Senin

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menteri PMK apresiasi tindakan Madiun atasi klaster pernikahan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar