Jakarta (ANTARA News) - Gerai Donor Darah PMI yang dibuka di sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta memberikan kontribusi dengan telah mendistribusikan 652 kantong darah ke delapan daerah yang membutuhkan kantong darah.

"Data terakhir mencatat, sudah 652 kantong darah dikirimkan ke berbagai daerah," kata Koordinator Pelaksana Program Gerai Donor Darah PMI, Tina Sukmawardani, dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ia memaparkan, selain DKI Jakarta, daerah lainnya yang menerima kantong daerah adalah Cianjur, Garut, Depok, Yogyakarta, Banda Aceh, Mataram, dan Batam.

Ia juga menuturkan, seluruh kantong darah yang telah dikirimlan telah melalui tahap "screening" sehingga darah yang dikirimkan sudah dinyatakan bebas dari semua penyakit.

Selain itu, lanjutnya, daerah juga telah dikirimkan secepatnya agar bisa segera sampai di daerah tujuan.

Darah yang aman dan bebas dari penyakit itu disimpan dalam peti pendingin khusus sehingga mampu bertahan hingga selama 10 jam.

Tina mengutarakan harapannya agar semakin banyak masyarakat yang mendonorkan darahnya melalui Gerai Donor Darah PMI agar sumbangan darah ini bisa secepatnya didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia yang membutuhkan.

PMI telah membuka Gerai Donor Darah di Senayan City Mal sejak tanggal 14 Juni 2010 dan juga di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat sejak 16 Juli 2010.

Dalam satu hari, tercatat satu Gerai Donor Darah bisa menyumbangkan hingga mencapai sebanyak 30 - 40 kantung darah dari para pendonor.

Rencananya, PMI juga akan membuka Gerak Donor Darah yang berikutnya di Kampus Universitas Trisakti pada Agustus.
(M040/ A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010