Cianjur (ANTARA News)- Warga Gang Warga, Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur, Jabar, digegerkan dengan penemuan seekor ular phyton sebesar betis orang dewasa di saluran air.

Ular tersebut ditemukan seorang warga, Iwan (30) Kamis malam, saat dia hendak memeriksa saluran air di kampung tersebut.

Berdasarkan keterangan Iawan, Jumat, mengatakan ular tersebut awalnya terlihat di atas permukaan air oleh dua orang warga Gang Semboja, Pian dan Yoga, yang lokasinya berseberangan dengan Gang Warga.

Melihat ular tersebut, keduanya berusaha mengejar untuk memastikan apakah penglihatan mereka benar, hingga akhirnya ular sepajang 4 meter itu, masuk pintu saluran air di Gang Warga.

Karena besar dan panjangnya ular tersebut, keduanya tidak berani menangkap, mereka pun lantas memanggil Iwan. Selama ini Iwan yang dikenal warga sekitar handal menaklukkan ular, berusaha menangkap binatang melata itu.

Hingga akhirnya ular yang memiliki bobot 20 kg dan panjang 4 meter itu, dengan mudah ditangkap Iwan, dibantu beberapa orang warga yang akhirnya memberanikan diri.

"Dilihat dari bobot dan panjangnya ini adalah induknya, saya perkirakan masih banyak anak-anaknya di sepanjang saluran air," terang Iwan.

Mendengar penemuan tersebut, warga sekitar berbondong-bondong menuju rumah Iwan, sekedar untuk melihat binatang melata tersebut.

Rencana Iwan, ular tersebut akan dijual, hasilnya akan dibagikan pada mereka yang turut serta melakukan penangkapan.(K-FKR/Y003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010