Berne (ANTARA News) - Liverpool dan Juventus, yang terpaksa mempermalukan diri mereka dengan mengawali musim kali ini pada pertandingan babak kualifikasi Liga Europa, sama-sama meraih kemenangan 2-0 dalam pertandingan tandang Kamis saat klbu sepak bola Eropa itu berkelana ke daerah pedalaman Siberia.

Liverpool mengalahkan Rabotniki di Macedonia sementara klub Italia itu berhasil mengatasi klub Irlandia, Shamrock Rovers.

Para mantan juara Eropa itu termasuk di antara sedikit nama klub yang terkenal dari 34 klub yang bertanding pada pertemuan (leg) pertama babak kualifikasi ketiga, Kamis, yang memainkan banyak pertandingan mulai dari pulau Madeira, di samudera Atlantik, hingga Novosibirsk, separuh jalan melintasi Rusia.

Klub Portugal, Maritimo, melibas klub Bangor City 8-2 di pertandingan sebelumnya di Funchal sementara runner-up Piala Rusia

Sibir Novosibirsk mengalahkan Apollon Limassol 1-0 untuk mencatat kemenangan pertama yang pernah mereka peroleh da;am kompetisi klub Eropa ini.

Pemain asal Senegal, Baba Diawara, dan dua pemain asal Brazil Tcho serta Danilo masing-masing mencetak dua gol bagi Maritimo, yang melesakkan gol sebanyak lima kali dalam 15 menit terakhir.

Kapten Aleksei Medvedev mencetak gol tunggal di menit ke-74 bagi Sibir, yang berlokasi yang berpangkalan lebih dari 3.000 mil jauhnya dari Moskow dan menjadi klub yang berlokasi paling timur yang tampil di kompetisi Eropa ini.

David Ngog menyarangkan gol di masing-masing babak bagi Liverpool, dalam pertandiongan kompetisi mereka yang pertama di bawah asuhan pelatih baru mereka, Roy Hodgson, yang pada musim melatih Fulham hingga ke final kompetisi yang sama, kendati gol ganda Amauri malam itu mengantar Juventus membukukan kemenangan mereka.

Klub Bundesliga VfB Stuttgart bisa mengatasi absennya pemain internasional Cacau, Serdar Tasci serta Sami Khedira, yang masih menikmati masa libur mereka selepas memperkuat timnas Jerman di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, untuk memetik kemenangan 3-2 atas klub Norwegia, Molde, dengan gol penentu kemenangan di menit ke-82 dari pemain pengganti Martin Harnik.

Namun, pelatih Christian Gross kurang puas dengan hasil tim asuhannya tersebut yang dua kali menyia-nyiakan peluang golnya. "Kami harus bermain dengan lebih fokus untuk membuatnya menjadi lebih mudah bagi kami,"

Klub Belanda AZ Alkmaar mengalahkan Gothenburg 2-0, Sporting Lisbon menang 1-0 atas klub Denmark Nordsjaelland sementara Galatasaray ditahan imbang 2-2 di kandang OFK Belgrade, yang mencetak gol di 10 menit terakhir melalui pemian pengganti Milos Krstic dan Nenad Injac.(A016/S005)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010