Ambon (ANTARA News) - Penyanyi Harvey Malaiholo, bersama artis lainnya siap memeriahkan kegiatan pelayaran berskala internasional "Sail Banda" yang berlangsung pada 24 Juli-17 Agustus 2010.

"Harvey Malaiholo, Andre Hehanussa, Mikha Tambayong dan grup musik beraliran pop Pasto, serta Puteri Pariwisata Indonesia 2009 Andara Rainy Ayudini akan tiba di Ambon Sabtu (31/7) untuk memeriahkan kegiatan `Sail Banda`," kata Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Maluku Florence Sahusilawane kepada ANTARA, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, kedatangan penyanyi kawakan Indonesia berdarah Maluku Harvey Malaiholo dan Andre Hehanussa itu berkaitan dengan jadwal tampil mereka pada upacara puncak acara "Sail Banda", yang akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Pelabuhan Yos Soedarso, Ambon pada 3 Agustus 2010.

"Harvey dan Andre akan tampil bersama Pasto dan Mikha Tambayong," katanya.

Menurut Florence, kelima penyanyi itu akan membuat acara puncak "Sail Banda" lebih semarak, karena dinilai cocok untuk membawakan lagu ciptaan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu yang berjudul "Sail Banda", yang sebelumnya telah diaransemen oleh Andre Hehanussa.

"Saya rasa dengan adanya mereka, puncak acara `Sail Banda` akan lebih meriah lagi," katanya.

Sedangkan kedatangan Puteri Pariwisata Indonesia 2009 Andara Rainy Ayudini, katanya, dijadwalkan untuk mempromosikan keindahan panorama alam dan budaya Maluku kepada wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang saat "Sail Banda" berlangsung.

"Andara akan didampingi oleh Puteri Pariwisata Maluku 2009 Vega Artani dalam setiap kegiatan promosi yang dilakukan," kata Florence.

Florence menambahkan, upacara penutupan "Sail Banda" 2010 akan berlangsung di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya bersamaan dengan pelaksanaan peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-65 pada 17 Agusutus 2010.

"Penutupannya dijadwalkan akan berlangsung di Pulau Kisar," demikian Florence Sahusilawane. (KR-IVA/A035)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010