Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Trans Studio Mall Cibubur dan Kantor Pos Indonesia menggelar bazar bertajuk #GakMudikDibikinAsik yang menghadirkan beragam paket hampers atau bingkisan lebaran berisikan produk-produk UMKM Kreatif.

Selain harga paket hampers yang kompetitif, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan pengiriman gratis ke seluruh wilayah Indonesia melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga: 5 Tips menyiapkan hampers lebaran untuk orang terdekat

Bazaar #GakMudikDibikinAsik berlangsung mulai 6 hingga 16 Mei 2021 di Trans Studio Mall Cibubur, Jakarta.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik bagi masyarakat guna menekan angka penyebaran COVID-19. Sementara di sisi lain mudik lebaran telah menjadi tradisi bagi masyarakat untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga.

"Mengirimkan bingkisan lebaran berisikan produk lokal ini bisa menjadi salah satu cara dalam menyambung silaturahmi, menggantikan kehadiran kita di kampung halaman," kata Nia Niscaya dalam keterangannya, dikutip Kamis.

Di acara ini masyarakat dapat membeli berbagai macam paket hampers yang berasal dari produk lokal berkualitas yang telah terkurasi. Paket yang dijual terdiri dari subsektor kuliner seperti paket eksklusif kue lebaran ataupun kopi, kriya seperti keramik dan fesyen, serta perlengkapan ibadah dengan harga yang kompetitif.

Setiap berbelanja hampers minimal sebesar Rp350.000 akan mendapatkan diskon langsung sebesar Rp100.000 dan 1 tiket masuk Theme Park Trans Studio Cibubur untuk satu orang. Pengunjung dapat kembali menikmati wahana-wahana seru di Theme Park Trans Studio Cibubur yang akan dibuka pada 14 Mei 2021. Paket ini dapat dikirimkan secara gratis ke seluruh wilayah Indonesia melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga: Inspirasi parsel lebaran untuk Idul Fitri 1442 H

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, jalinan silaturahmi yang diwujudkan dengan pengiriman paket hampers kepada kerabat tetap terjalin," ujar Nia.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan menyajikan aktivitas menarik lainnya seperti Photobooth Upside Down, Demo Membatik, Cultural Performance, dan Demo Siluet Wajah. Booth Bazaar juga akan menghadirkan nuansa kampung dengan harapan dapat mengobati kerinduan pengunjung yang tidak bisa mudik ke kampung halaman mereka.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak masyarakat untuk dapat mentaati kebijakan yang telah diambil pemerintah. Meski tidak bisa mudik, masyarakat tetap dapat bersilaturahmi dan merasakan suasana kampung halaman dengan berbelanja hampers untuk dikirim ke keluarga di kampung halaman sebagai gantinya.

"Selain juga dapat mendukung gerakan mencintai produk lokal dan memulihkan roda ekonomi pelaku usaha dan pengrajin UMKM," kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf memastikan penyelenggaraan acara ini akan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Environment) yang ketat dan disiplin sehingga dapat memberikan rasa aman pada pengunjung.

"Masyarakat juga diingatkan untuk menjalankan 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan, serta mengenakan masker," kata Sandiaga.


Baca juga: Kemenparekraf ajak wujudkan ide kreatif lewat Nyatakan.id

Baca juga: Sandiaga lantik 29 pejabat eselon II di lingkungan Kemenparekraf

Baca juga: Kemenparekraf gandeng Masjid Istiqlal kembangkan wisata halal

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021