Jakarta (ANTARA) - Anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sudah memutarbalikkan 1.070 kendaraan di Tol Jakarta arah Cikampek dan Tol Jakarta menuju Merak pada hari pertama Operasi Ketupat Jaya 2021 terkait kebijakan penerapan larangan mudik mulai 6-17 Mei 2021 guna mengantisipasi lonjakan jumlah kasus COVID-19.

"Total sudah 1.070 kendaraan diputrabalikkan, ini masih berlanjut terus," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis.

Yusri menjelaskan 1.070 kendaraan itu terdiri dari 895 kendaraan pribadi dan 175 kendaraan umum.

"Dengan rincian untuk Gate Cikupa ada 626. Kendaraan pribadi ada 519 dan kendaraan umum 77. Untuk Cikarang Barat ada 444 kendaraan, kendaraan pribadi 346 dan kendaraan umum 98," tambahnya.

Dia mengatakan petugas Polda Metro Jaya akan terus melakukan penindakan terhadap pemudik yang nekat mudik saat kebijakan larangan mudik mulai diberlakukan hingga berakhirnya peniadaan mudik pada 17 Mei 2021.

"Operasi ini berjalan sampai 17 Mei nantinya nanti, akan kami sampaikan secara update per 24 jam," pungkasnya.

Anggota Polda Metro Jaya mulai melakukan penyekatan jalan tol pada sejumlah titik seiring diberlakukannya larangan mudik oleh pemerintah mulai 6-17 Mei 2021.

Adapun titik penyekatan yang diterapkan Polda Metro Jaya, yakni ruas Tol Jakarta arah Cikampek dan Tol Jakarta menuju Merak.

Kemudian, tiga ruas jalan arteri mom tol, yaitu Harapan Indah Bekasi Kota, Jatiuwung Kota Tangerang, dan Kedung Waringin Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Prokes pengendara diawasi Satpol PP di pos pemeriksaan
Baca juga: Polda Metro putar balik 725 kendaraan di hari pertama penyekatan
Baca juga: Petugas awasi pemudik nekat di pos pemeriksaan Lebak Bulus

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021