Padang (ANTARA News) - Tim dari Negara Malaysia berhasil merebut Juara perlombaan perahu naga (Dragon Boat) antarbangsa, sekaligus meraih Piala Bergilir Kasal.

Catatan waktu yang peroleh Tim Malaysia di final lomba perahu naga di kelas Antarbangsa yakni 04:02:77, posisi kedua diraih Kamboja dengan catatan waktu 04:03:16, sedangkan posisi ketiga diraih Indonesia dengan catatan waktu 04:35:55.

"Kami berhasil merebut gelar Juara Antarabangsa dalam perlombaan Perahu Naga tahun 2010, sekaligus meraih Piala Bergilir Kasal," kata Pelatih Tim Dayung Malaysia, Ridwan Ismail, di Padang, Minggu.

Ia mengatakan, kami berhasil mengalahkan tiga negara yang masuk final perlombaan perahu naga. Mereka termasuk tim dayung patut diperhitungkan.

"Dimana negara Indonesia pernah meraih Juara Umum perahu naga di Malaysia, apalagi negara Kamboja yang tidak pernah ikut sekalipun namun juga memperlihatkan prestasi yang baik pada perlomban perahu naga tahun 2010,"katanya.

Dia menambahkan, sedangkan untuk kelas 22 pendayung Putri jarak tempuh 800 meter hanya menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 04.44.45.

"Sedangkan kelas 12 Mix (Campuran) jarak tempuh 800 meter, Polis Diraja Malaysi hanya menempati posisi ketiga,"katanya.

Dia mengatakan, pada tahun 2010 mendatang, kami akan bertekad untuk mempertahankan gelar Juara Antar Bangsa lomba perahu Naga.

"Kami akan mempersiapkan atlet dayung untuk ikut lomba perahu naga tahun 2010 mendatang, agar Piala Bergilir Kasal dapat diraih,"katanya.

Menurutnya, atlet dayung yang diturunkan pada lomba perahu naga tahun 2010 di Kota Padang, semuanya pemula berusia sangat muda.

"Kami sengaja menurunkan mereka untuk memberikan kesempatan bertanding pada lomba perahu naga kali ini,"katanya.

Dia menambahkan, kami setiap tahun melatih atlet-atlet dayung pemula, yang akan membela negara Malaysia dalam setiap lomba perahu naga.

"Atlet pemula kami latih tersebut agar dapat membela negara dalam setiap lomba perahu naga,"katanya. (ANT031/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010