New York (ANTARA News/AFP) - Saham Wall Street melayang lebih rendah pada Selasa, setelah data menunjukkan sedikit penyusutan dalam pengeluaran konsumen Amerika Serikat serta penurunan pesanan pabrik dan penjualan "pending home" (rumah yang pengurusannya belum selesai atau tertunda).

Dow Jones Industrial Average turun 38,00 poin (0,36 persen) menjadi 10.636,38, setelah melompat lebih dari 200 poin sehari sebelumnya.

Indeks komposit teknologi Nasdaq turun 11,84 poin (0,52 persen) menjadi 2.283,52 sedangkan indeks S&P 500 yang lebih luas kehilangan 5,40 poin (0,48 persen) menjadi 1.120,46.

Sentimen pasar berkurang oleh "pendapatan konsumen dan belanja yang datar, diperburuk dengan penurunan yang jauh lebih besar daripada perkiraan dalam pesanan pabrik dan penurunan tak terduga dalam penjualan home pending," analis di Charles Schwab & Co menulis untuk kliennya.

Pendapatan kuartalan mengecewakan raksasa seperti Dow Chemical dan Procter & Gamble juga memperburuk sentimen pasar.

Pasar mencerna sejumlah data ekonomi, termasuk penurunan pengeluaran konsumsi kurang dari 0,1 persen dibandingkan dengan persentase kenaikan pada Mei, menurut pemerintah.

Belanja konsumen merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi AS, biasanya memberikan kontribusi dua pertiga dari output.

Pesanan pabrik AS juga merosot pada Juni, penurunan untuk yang kedua bulan berturut-turut, departemen perdagangan mengatakan.

Menambahkan berita bearish adalah laporan oleh National Association of Realtors menunjukkan jumlah kontrak yang ditandatangani untuk membeli rumah yang ada AS tiba-tiba jatuh ke level terendah dalam sembilan tahun.

Indeks penjualan pending home dari asosiasi menurun 2,6 persen menjadi 75,7 poin berdasarkan kontrak yang ditandatangani pada Juni dibandingkan bulan sebelumnya. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010