Jakarta (ANTARA News) - Perum Pegadaian selama Agustus 2010 menyiapkan dana kredit murah sebesar Rp5 triliun atau naik dibanding bulan sebelumnya hanya Rp4,5 triliun, untuk memenuhi permintaan nasabah yang cenderung meningkat.

Kepala Humas Pegadaian Pusat, Irianto, di Jakarta, Jumat mengatakan, Pegadaian siap memenuhi permintaan pasar berapa pun besarnya.

"Apabila kebutuhan dana itu bertambah hingga Rp6 triliun, maka Pegadaian siap untuk menambah dana tersebut," ujarnya.

Menurut dia, selain dari Pegadaian sendiri, dana yang disiapkan itu juga berasal dari pinjaman perbankan dengan bunga yang lebih murah, namun ia tidak bersedia menyebutkan berapa dana pinjaman bank.

"Bank yang memberikan pinjaman dana kepada Pegadaian antara lain Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri," kata Irianto.

Ia mengatakan, kebutuhan dana nasabah yang meningkat biasa berkisar antara 10 persen sampai 20 persen, akibat meningkatnya kebutuhan nasabah pada bulan puasa Ramadhan.

"Kami optimis kebutuhan dana nasabah akan dapat dipenuhi oleh Pegadaian, karena perum sudah mempersiapkan terlebih dahulu," ucapnya.

Pegadaian, lanjut Irianto, juga akan melakukan persiapan mudik bersama nasabah dengan mempersiapkan 27 bus yang berangkat dari Jakarta.

"Sebanyak 27 bus itu akan berangkat ke 13 jurusan dan telah dibuka pendaftaran pada 5 Agustus sampai 6 Agustus 2010," ucapnya.

Pegadaian, menurut dia, akan memberangkatkan nasabah sebanyak 1.280 orang kepada nasabah yang telah mendaftarkan diri dengan menunjukkan kartu sebagai nasabah Pegadaian.

"Kami harapkan rencana mudik bersama akan dapat berjalan dengan lancar," kata Irianto.
(T.H-CS/A039/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010