Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk, Jumat, melakukan uji coba jaringan di sepanjang jalur mudik Pantura hingga Semarang, untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pada Ramadhan hingga Lebaran 2010.

Uji coba bertajuk "Network Rally XLalu Untuk MU di Bulan Ramadhan" ini mengikutsertakan rombongan media dan para blogger.

Rombongan menggunakan 9 unit mobil, dilepas Direktur Utama XL Axiata, Hasnul Suhaimi.

Adapun jalur yang akan dilalui peserta uji jaringan XL tersebut meliputi Cikampek, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang.

Selain dari Jakarta, uji jaringan XL juga dilakukan dari arah Jawa Timur menuju Jawa Tengah.

Hasnul menjelaskan, pada tahun ini diperkirakan terjadi lonjakan trafik suara, SMS, data dan internet 30-40 persen dibanding hari biasa.

Ia menuturkan, selama bulan puasa hingga memasuki Lebaran, akan terjadi pergeseran trafik komunikasi menuju wilayah Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Pergerakan pelanggan banyak beralih ke kantong-kantong wilayah pemudik di sepanjang Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Sementara itu, Direktur Marketing XL Nicanor Santiago menuturkan, trafik SMS XL pada kondisi normal mencapai 36.000 SMS per detik, trafik panggilan (voice) 510 juta menit per hari, dan kapasitas layanan data dan internet mencapai 8,6 terabite.

Dengan kenaikan trafik layanan 30 persen, maka lalu lintas SMS XL bisa mencapai sekitar 48.600 SMS per detik, layanan suara menjadi sekitar 700 juta menit per hari, sedangkan kapasitas data dan internet menjadi sekitar 10 terabite.

"Jaringan kami tetap bisa menangani lonjakan trafik itu, karena utilisasi jaringan XL masih mencapai 60 persen dari kapasitas yang tersedia," kata Nicanor.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik penggunaan layananan XL BlackBerry, kapasitas bandwith dinaikkan menjadi 800 Mbps dari sebelumnya 400 Mbps.
(R017/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010